RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD NEGERI MASARAN 1
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi  
       8.   Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

B.     Kompetensi Dasar    
8.2   Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,  konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

C.    Indikator
8.2.1    Membuat catatan yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang tempat yang akan diamati.
8.2.2    Menulis laporan hasil pengamatan.
8.2.3    Mempresentasikan laporan hasil pengamatan.
8.2.4    Memperbaiki laporan berdasarkan masukan dari teman.

D.    Tujuan Pembelajaran
8.2.1        Melalui diskusi kelompok, siswa dapat membuat catatan yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang tempat yang akan diamati dengan baik.
8.2.2        Melalui penugasan, siswa dapat menulis laporan pengamatan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
8.2.3        Melalui penugasan, siswa dapat mempresentasikan laporan hasil pengamatan dengan bahasa yang baik.
8.2.4        Melalui diskusi, siswa mampu memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman.

Karakter siswa yang diharapkan :  tanggung jawab, berani, santun.

E.     Dampak Pengiring
Setelah pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu berfikir sistematis dalam menulis sehingga akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga diharapkan mampu menghargai pendapat teman yang bisa dijadikan bahan refleksi untuk memperbaiki atau meningkatkan diri.

F.     Materi Ajar
§  Laporan Pengamatan           

G.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran  :  Student Centered
2.    Strategi Pembelajaran        :  Contextual Teaching and Learning
3.    Model Pembelajaran          :  Cooperative Learning
4.    Metode Pembelajaran        :  Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Kelompok, Penugasan

H.    Langkah-langkan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
2.      Guru melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Guru mengajak siswa berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa siswa.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan hari ini.
10 Menit
Eksplorasi
1.      Guru melakukan tanya jawab tentang tempat-tempat yang pernah dikunjungi siswa.
2.      Guru menunjukkan sebuah gambar dan meminta beberapa siswa untuk mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang sederhana.
3.      Guru menjelaskan tentang laporan hasil pengamatan dan sistematikanya.
10 Menit
Elaborasi
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 anak.
2.      Setiap kelompok diberikan lembar kerja kelompok.
3.      Siswa berdiskusi untuk menentukan pertanyaan-pertanyaan apa yang mereka akan gunakan ketika mengamati lingkungan di sekitar sekolah.
4.      Siswa di ajak keluar kelas atau sekolah untuk mengamati lingkungan di sekitar.
5.      Dalam kelompok masing-masing siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka susun berdasarkan hasil pengamatan.
6.      Siswa kembali ke kelas dan tempat duduknya masing-masing.
7.      Siswa menulis laporan hasil pengamatan secara individu.
25 Menit
Konfirmasi
1.      Siswa diminta maju ke depan kelas untuk mempresentasikan laporannya.
2.      Teman yang lain memberikan masukan untuk perbaikan laporan.
3.      Siswa memperbaiki laporannya.
4.      Hasil kerja siswa yang sudah selesai ditempelkan di papan pajangan.
15 Menit
Kegiatan Akhir
1.      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa membuat kesimpulan.
3.      Siswa mengerjakan post tes.
4.      Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan PR tentang materi laporan pengamatan.
5.      Guru menutup pembelajaran.
10 Menit

I.       Media dan Sumber Belajar
1.      Media
§  Gambar
2.      Sumber Belajar
§  Lingkungan Sekitar
§  Standar Isi 2006
§  Buku Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas (BSE)
§  Buku Bahasa Indonesia untuk SD & MI Kelas V (BSE)


J.      Penilaian
1.      Prosedur tes       :  tes proses, tes akhir
2.      Teknik tes           :  tes, nontes
3.      Jenis tes              :  tes pengamatan, tes unjuk kerja, tes tertulis
4.      Bentuk tes          :  subjektif dan objektif
5.      Instrumen tes     :
a.       Kisi-kisi Soal Tes
b.      Soal
c.       Kunci Jawaban
d.      Rubrik Penilaian
e.       Kriteria Penilaian


Mengetahui
Kepala Sekolah


Haryanto, S. Pd.
NIP 19640419 198405 1 003
Masaran, 10 Juni 2016
Guru Kelas 


Linda Nurmasari
NIP 19891104 201101 2 005




Lampiran 1

PENGEMBANGAN MATERI PELAJARAN

Laporan adalah tulisan yang berisi hasil pengamatan terhadap sebuah tempat atau suatu pekerjaan. Isi laporan ialah hal-hal penting yang berkaitan langsung dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada si pembuat laporan.
Ketika akan menulis laporan, perlu diperhatikan langkah atau tahapan berikut.
1.    Membuat contoh pertanyaan tentang hal yang perlu diketahui.
       Contoh:
       §  Siapa yang ke sana?
       §  Apa nama tempat yang dikunjungi?
       §  Di mana letak tempat itu?
       §  Apa saja yang dilihat di tempat itu?
       §  Bagaimana pengalaman selama di sana?

2.    Membuat buram awal dengan menjawab pertanyaan itu.
Buram  awal  adalah  bentuk  kasar  dari  sesuatu  yang akan dikerjakan, seperti rancangan atau konsep sebuah laporan.
       Contoh:
       §  Pada hari Minggu aku mengamati sebuah tempat.
       §  Tempat itu adalah pasar Masaran yang terletak di dekat rumahku.
       §  Pasar sangat ramai. 
       §  Banyak penjual dan pembeli.
       §  Aku merasa senang karena melihat banyak baju yang bagus.
       §  Aku juga melihat banyak makanan yang dijual di sana.

3.      Menulis laporan pengamatan. Laporan pengamatan diungkapkan dengan bahasa yang baik dan jelas, mengungkapkan fakta atau bukti, dan menarik untuk dibaca. Selain itu, hendaknya sebuah laporan juga memuat maksud dan tujuan pengamatan, waktu  dan  tempat,  kegiatan  yang  dilakukan  selama pengamatan, serta hasil dan kesimpulan pengamatan.

Contoh Format Laporan Pengamatan

Laporan Hasil Pengamatan

1.    Tempat pengamatan        : Masaran, Sragen
2.    Waktu pengamatan         : Minggu, 5 Juni 2016
3.    Objek yang diamati         : Pasar Masaran
4.    Orang yang mengamati   : Devita
5.    Hasil pengamatan            :
a.       Pasar Masaran sangat ramai.
b.      Banyak penjual dan pembeli.
c.       Para penjual menawarkan dagangannya.
d.      Para pembeli berusaha untuk menawar agar harganya menjadi murah.
e.       Aku merasa senang karena melihat banyak baju yang bagus.
f.       Aku juga melihat banyak makanan yang dijual di sana.
g.      Yang paling banyak adalah penjual sayur-sayuran.
6.    Kesimpulan                     :
Pasar Masaran sangat ramai. Di sana banyak penjual dan pembeli. Barang dagangan yang diperjualbelikan antara lain baju, sayur-sayuran, makanan, dan lain-lain.

Mempresentasikan Laporan Hasil Pengamatn
Laporan hasil pengamatan dapat disampaikan kepada orang lain. Kita diharapkan dapat menceritakannya dengan bahasa yang baik dan benar. Kriteria menyampaikan laporan hasil pengamatan yang baik dan benar di antaranya: 
a.       Memperhatikan intonasi (tinggi rendahnya suara saat mengucapkannya). Misalnya: kalimat pernyataan dibaca biasa, kalimat seru dibaca agak tinggi, kalimat tanya pada akhir kalimat dibaca panjang agak menurun. Di samping itu, memperhatikan lafal (kejelasan dalam mengucapkannya) dan jeda (ketepatan saat pemenggalan kalimat).
b.      Harus disampaikan apa adanya (tidak kurang tidak lebih).

Lampiran 2

MEDIA PEMBELAJARAN

§   Gambar Pasar
§   Gambar Sawah


Lampiran 3

LEMBAR KERJA SISWA

Nama Kelompok    : ......................................................................
Nama Anggota      : 1. ..................................................................
                                 2. ..................................................................
                                 3. ..................................................................
                                 4. ..................................................................

Tujuan Kegiatan  : Membuat laporan hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar.
Petunjuk Langkah Kegiatan  :
1.      Berdiskusilah dengan kelompokmu untuk menentukan tempat di sekitar sekolah yang akan kalian amati.
2.      Buatlah minimal 5 pertanyaan tentang tempat tersebut.
3.      Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kolom pertanyaan.
4.      Amatilah tempat yang sudah kalian tentukan.
5.      Lalu bersama kelompokmu jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dan tulis hasilnya pada kolom jawaban.
6.      Setelah selesai kembalilah ke tempat dudukmu masing-masing.

Tabel Pertanyaan dan Jawaban Hasil Pengamatan
No.
Pertanyaan
Jawaban dari Hasil Pengamatan
1


2


3


4


5


6


7


Lampiran 4

INSTRUMEN TES

A.    Kisi-kisi Soal Tes
No
Indikator
Jenis Tes
Contoh Soal
Nomor Butir Soal
1.
Membuat catatan yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang tempat yang akan diamati.

Objektif

1
2.
Menulis laporan hasil pengamatan.
Objektif

2, 3
3.
Memperbaiki laporan.
Objektif

4, 5

B.     Soal
  1.         Iwan akan pergi ke kebun binatang. Ia akan mengamati tempat tersebut dan membuat laporan hasil pengamatan. Kalimat tanya yang tepat sebelum ia mengamati adalah ....

a.       Kapan kebun binatang itu didirikan?
b.      Hewan apa saja yang ada di kebun binatang?
c.       Apa yang kamu beli di kebun binatang?
d.      Siapa yang mendirikan kebun binatang tersebut?
       
 Tujuan : Candi Borobudur       
Letak   : Desa Muntilan, Magelang, Jawa Tengah       
Peserta : 50 orang         
Waktu : Sabtu, 10 Desember 2011      
          2.  Perhatikan data berikut!



        
       
         Kalimat laporan yang sesuai dengan data di atas adalah ....
a.       Candi Borobudur adalah salah satu candi yang dimiliki bangsa Indonesia. Candi yang terletak di Desa Muntilan, Magelang, Jawa Tengah ini didirikan tahun 850 M oleh Samaratungga.
b.      Candi Borobudur merupakan salah satu candi yang menjadi keajaiban dunia. Candi ini terletak di Desa Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan kami ke candi ini memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kami untuk mempelajari sejara secara detail.
c.       Candi Borobudur adalah salah satu candi peninggalan agama Budha. Candi ini terletak di Desa Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Banyak pertunjukan kesenian digelar di pelataran candi. Pesona candi ini mampu menarik wisatawan asing dari berbagai negara.
d.      Kami berkunjung ke candi Borobudur. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan kunjungan adalah 50 orang. Kunjungan dilakukan pada hari Sabtu, 10 Desember 2011. Candi ini terletak di Desa Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. 
     3.      Laporan Kegiatan Bazar SD Mulia Utama

Kegiatan bazar dilakukan dalam rangka memperingati hari Anak Nasional. Kegiatan bazar dilakukan di SD Mulia Utama pada hari senin tanggal 6 Juni 2016. Kegiatan bazar dibuka oleh kepala sekolah. Bazar menyediakan buku pelajaran dan buku-buku bacaan. Bazar juga menyediakan aneka kerajinan tangan hasil karya siswa SD Mulia Utama.

   Penulisan hari senin yang tepat pada laporan di atas adalah ....
a.       Hari Senin
b.      Hari senin
c.       hari Senin
d.      hari senin


4. Pada hari Sabtu, 26 April 2008 kami mengunjungi Yayasan Pendidikan Al Azhar. Sekolah tersebut sedang menggelar peringatan hari Kartini. Mereka mengadakan Gebyar Kartini 2008. Antara lain berbagai lomba digelar, lomba mewarnai, vokal grup, dan baca puisi. 

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat terakhir pada laporan di atas adalah ....
a.       Lomba digelar beberapa antara lain lomba mewarnai, vokal grup, dan baca puisi.
b.      Lomba digelar berbagai antara lain lomba mewarnai, vokal grup, dan baca puisi.
c.       Lomba mewarnai, vokal grup, dan baca puisi, antara lain lomba digelar.
d.      Berbagai lomba digelar, antara lain lomba mewarnai, vokal grup, dan baca puisi. 
        

 5.   Kegiatan pemeriksaan gigi dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 7 November 2009. Di SD Suka Makmur kegiatan ini akan bertempat. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan doa bersama yang dipimpin oleh pembina kegiatan yaitu Bapak Joni. Kegiatan pemeriksaan gigi diikuti oleh siswa kelas IV, V, dan VI. Kegiatan pemeriksaan gigi ini diselenggarakan oleh Puskesmas Suka Makmur.


Kalimat yang paling tepat untuk memperbaiki kaliamat kedua pa
a.       SD Suka Makmur akan dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan.da laporan di atas adalah ....
b.      Kegiatan ini bertempat di SD Suka Makmur.
c.       Tempat yang dipilih untuk melaksanakan dan menyelenggarakan kegiatan ini adalah SD Suka Makmur.
d.      Di SD Suka Makmur lah kegiatan ini akan dilaksanakan.

C.    Kunci Jawaban
           1.      b
           2.      d
           3.      c
           4.      d
           5.      b

D.  Rubrik Penilaian

          1.      Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Tanggung Jawab
Berani
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
……………..












2
……………..












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..














        2.      Rubrik Penilain Unjuk Kerja
        Rubrik Penilaian Menulis Laporan
No
Nama
Aspek yang Dinilai
NA
Ejaan
Organisasi
Isi Gagasan
Kerapian
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
............

















2
............

















3
............

















4
............


















E.     Kriteria Penilaian
1.      Kriteria Penilaian Sikap
Deskriptor
Skor
Membudaya
4
Mulai Berkebang
3
Mulai Terlihat
2
Belum Terlihat
1

Nilai :  Skor yang diperoleh/Skor maksimal x 100


2.      Kriteria Penilain Unjuk Kerja
Menulis Laporan Pengamatan
Deskriptor
Skor
Ejaan
Organisasi
Isi Gagasan
Kerapian
Sangat Tepat
Sangat Baik
Sangat Lengkap
Sangat Rapi

Tepat
Baik
Lengkap
Rapi

Kurang Tepat
Kurang Baik
Kurang Lengkap
Kurang Rapi

Sangat Kurang Tepat
Sangat Kurang Baik
Sangat Kurang Lengkap
Sangat Kurang Rapi


Nilai :  

3.      Kriteria Penilaian Pengetahuan

No.
Nama
Perolehan Skor
Nilai
1.
.............
Setiap item yang benar skor 20










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP