Arti Sukses Seorang Guru



         Seringkali kita bertanya-tanya apa arti sukses bagi seseorang. Seringkali pula kita bertanya pada diri sendiri apa kah kita sudah sukses atau belum. Setiap orang punya definisi sendiri tentang arti sebuah kesuksesan. Kalau menurut pendapatku, succes isn't about money. It's about the way you live. Kalau sukses itu tentang uang, pengemis pun banyak yang sukses bukan?

       Banyak orang beranggapan guru yang sukses adalah guru yang berprestasi. Padahal tidak ada ukuran yang pasti untuk hal itu. Saya pernah mengenal seorang guru berprestasi tingkat kabupaten. Beliau memang cerdas dan selalu memikirkan karir. Tetapi yang saya dengar justru murid-muridnya seringkali kurang diperhatikan.

        Lalu ada pula anggapan bahwa seorang guru itu sukses kalau sudah punya mobil dan rumah yang megah. Mungkin saja benar... tapi siapa tau juga SKnya di sekolahkan di Bank hingga puluhan tahun. Sssttt... buka suudzon ya, tapi fakta di lapangan memang seperti itu.

          So what is a succes teacher? Kalau buat aku sih sederhana saja. Pertama, kalau sebagai seorang guru kamu bisa berangkat ke sekolah tepat waktu dan pulang juga tepat waktu itu sukses namanya. Kelihatannya memang mudah, tetapi kenyataan tidak seperti itu. Terlambat 5 menit tetaplah terlambat dan pulang lebih awal sedikit saja sudah bisa dianggap kurang disiplin. Jadi jika kamu bisa tepat waktu... that's really cool!

         Kedua, guru yang sukses bukanlah yang bisa membuat anak-anak 100% menguasai pelajaran, karena itu tidak mungkin. Sebagai guru jangan berharap yang terlalu tinggi karena setiap anak tidak sama. Ada anak yang sering mendapatkan nilai 100, tetapi ada pula anak yang walau pun gurunya jungkir balik berusaha sekuat tenaga, tetap saja tak ada hasilnya. Memang kita tetap harus berusaha semaksimal mungkin, tetapi kalau seperti itu kenyataannya kita hanya bisa mendoakan murid-murid kita. Guru yang sukses itu yang bisa dekat dengan muridnya, Murid tidak segan untuk bertanya ketika mengalami kesulitan. Murid menghormati dan menyayangi guru. Ketika kita tidak ada mereka akan merindukan kita. So sweet bukan?

        Ketiga, bisa mengelola kelas dan waktu dengan baik, tetapi tetap bisa mengerjakan administrasi di sela-sela kesibukan yang ada. Untuk memperlancar semua itu tentunya kita butuh bantuan keterampilan dan perlengkapan yang ada. Laptop, printer, dan internet sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan kita dalam mengelola semuanya. Kemampuan untuk menggunakan itu semua juga sangat diperlukan jika kita tidak ingin ketinggalan zaman.
       
     Keempat, bisa mengelola keuangan dengan baik. Entah kita guru PNS atau honorer, sudah sertifikasi atau belum, keuangan tetap tidak boleh berantakan. Karena kalau keuangan kita berantakan, semuanya pasti ikut berantakan.

        Terakhir tetapi yang paling penting guru sukses itu akan belajar dan terus belajar. Ingat hidup itu seperti naik sepeda. Kalau kita berhenti, maka jika tidak jatuh kita akan stagnan. Kalau kita terus mengayuh, di depan sana banyak hal indah yang akan kita temukan. Tak perlu khawatir, guru yang tulus dan ikhlas bekerja keras tak akan pernah rugi. Selalu akan datang kesempatan yang baik. Mungkin karir tidak selalu menjadi tujuan seseorang, Tetapi dengan bekerja keras dan terus belajar, rezeki kita menjadi lebih berkah dan hidup pun menjadi lebih bahagia. Bagaimana menurutmu? Berminat kah menjadi guru yang sukses??
     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan