DEFINISI PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, DAN MODEL PEMBELAJARAN



A.   Pendekatan Pembelajaran
·           Menurut Joni (dalam Anitah, 2007: 1.23)
Pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian.
·           Menurut Ujang Sukandi (2003: 39)
Pendekatan adalah  cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian, laksana pakai kacamata merah — semua tampak kemerah-merahan.
·           Kesimpulan:
Pendekatan pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam memandang pembelajaran.
b.    Strategi Pembelajaran
·           Menurut Joni (dalam Anitah, 2007: 1.24)
Strategi adalah ilmu atau kiat di dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
·           Menurut Dimyati dan Soedjono (dalam Anitah, 2007: 1.24)
Strategi dalam pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari komponen pembentukan sistem pembelajaran.
·           Menurut Gerlach dan Elly (dalam Ruminiati, 2007: 2.3)
Strategi adalah suatu cara yang terpilih untuk menyampaikan tujuan pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
·           Menurut Djamarah dan Zain (dalam Ruminiati, 2007: 2.3)
Strategi adalah suatu garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan.
·           Kesimpulan:
Strategi pembelajaran adalah cara atau pedoman yang dipilih guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

c.    Metode Pembelajaran
·           Joni (dalam Anitah, 2007: 1.24)
Metode adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.
·           Menurut Sagala (dalam Ruminiati, 2007: 2.3)
Metode adalah cara yang digunakan oleh guru/ siswa dalam mengolah informasi yang berupa fakta, data, dan konsep pada proses pembelajaran yang mungkin terjadi dalam suatu strategi.
·           Kesimpulan:
Metode pembelajaran adalah cara guru/siswa mengolah informasi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

d.    Teknik Pembelajaran
·           Menurut Joni (dalam Anitah, 2007: 1.25)
Teknik pembelajaran mengacu pada ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu, seperti kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan peralatan, kesiapan siswa, dan sebagainya.
·           Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI: 1158)
Teknik adalah metode atau sistem mengerjakan sesuatu, cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.
·           Kesimpulan:
Teknik pembelajaran adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode pembelajaran.

e.    Model Pembelajaran
·           Menurut Joyce (dalam Trianto, 2007: 5)
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dll.
·           Menurut Arend (dalam Trianto, 2009: 74)
Model pembelajaran mengarah pada suatu pendekatan pembelajaran tertentu termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem pengelolaannya.
·           Menurut Munandir (1987:9)
Model yaitu konsep tentang siasat pengajaran pada hakikatnya berusaha menjelaskan bagian-bagian dari suatu perangkat materi pengajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan pada material tersebut, agar dapat menimbulkan hasil belajar tertentu untuk pelajar.
·           Kesimpulan:
Model pembelajaran adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mencakup prosedur-prosedur, lingkungan, dan sistem pengelolaan pembelajaran untuk mencapai hasil belajar tertentu.


KETERKAITAN ANTARA Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam memandang pembelajaran. Dari cara memandang tersebut maka guru memilih strategi yang sesuai untuk melaksanakan pembelajaran.
Dalam mengimplementasikan strategi, guru tentunya harus menggunakan berbagai macam metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi, misalnya metode ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan sebagainya. Nah, untuk mengimplementasikan metode perlu teknik pembelajaran. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak, tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.
Apabila antara pendekatan, strategi, metode, dan teknik sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran.



DAFTAR PUSTAKA

Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Munandir. 1987. Rancangan Sistem Pengajaran. Jakarta: LPTK

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Sri Anitah W, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka

Sukandi, Ujang. 2003. Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan