DEFINISI PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, DAN MODEL PEMBELAJARAN
A. Pendekatan Pembelajaran
·
Menurut Joni (dalam Anitah, 2007: 1.23)
Pendekatan
adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian.
·
Menurut Ujang Sukandi (2003: 39)
Pendekatan adalah cara umum dalam
memandang permasalahan atau objek kajian, laksana pakai kacamata merah — semua
tampak kemerah-merahan.
·
Kesimpulan:
Pendekatan
pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam memandang pembelajaran.
b. Strategi Pembelajaran
·
Menurut Joni (dalam Anitah, 2007: 1.24)
Strategi adalah ilmu atau kiat di dalam
memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
·
Menurut Dimyati dan Soedjono (dalam Anitah,
2007: 1.24)
Strategi dalam pembelajaran adalah kegiatan guru untuk
memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari
komponen pembentukan sistem pembelajaran.
·
Menurut Gerlach dan Elly (dalam Ruminiati,
2007: 2.3)
Strategi adalah suatu cara yang terpilih untuk
menyampaikan tujuan pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
·
Menurut Djamarah dan Zain (dalam Ruminiati,
2007: 2.3)
Strategi adalah suatu garis besar haluan untuk bertindak
dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan.
·
Kesimpulan:
Strategi pembelajaran adalah cara atau pedoman yang
dipilih guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
c. Metode Pembelajaran
·
Joni (dalam Anitah, 2007: 1.24)
Metode adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif
umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.
·
Menurut Sagala (dalam Ruminiati, 2007: 2.3)
Metode adalah cara yang digunakan oleh guru/ siswa dalam
mengolah informasi yang berupa fakta, data, dan konsep pada proses pembelajaran
yang mungkin terjadi dalam suatu strategi.
·
Kesimpulan:
Metode pembelajaran adalah cara guru/siswa mengolah
informasi dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
d. Teknik Pembelajaran
·
Menurut Joni (dalam Anitah, 2007: 1.25)
Teknik pembelajaran mengacu pada ragam khas penerapan
suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu, seperti kemampuan dan
kebiasaan guru, ketersediaan peralatan, kesiapan siswa, dan sebagainya.
·
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI: 1158)
Teknik adalah metode atau sistem mengerjakan sesuatu,
cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.
·
Kesimpulan:
Teknik pembelajaran adalah cara yang dilakukan seseorang
dalam rangka mengimplementasikan suatu metode pembelajaran.
e. Model Pembelajaran
·
Menurut Joyce (dalam Trianto, 2007: 5)
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu
pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas
atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat
pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dll.
·
Menurut Arend (dalam Trianto, 2009: 74)
Model pembelajaran mengarah pada suatu pendekatan
pembelajaran tertentu termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem
pengelolaannya.
·
Menurut Munandir (1987:9)
Model yaitu konsep tentang siasat pengajaran pada
hakikatnya berusaha menjelaskan bagian-bagian dari suatu perangkat materi
pengajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan pada material tersebut,
agar dapat menimbulkan hasil belajar tertentu untuk pelajar.
·
Kesimpulan:
Model pembelajaran adalah suatu pendekatan pembelajaran
yang mencakup prosedur-prosedur, lingkungan, dan sistem pengelolaan
pembelajaran untuk mencapai hasil belajar tertentu.
KETERKAITAN
ANTARA Pendekatan, Strategi, Metode,
Teknik, dan Model Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah cara yang
digunakan dalam memandang pembelajaran. Dari cara memandang tersebut maka guru
memilih strategi yang sesuai untuk melaksanakan pembelajaran.
Dalam mengimplementasikan strategi, guru
tentunya harus menggunakan berbagai macam metode yang sesuai dengan situasi dan
kondisi, misalnya metode ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan
sebagainya. Nah, untuk mengimplementasikan metode perlu teknik pembelajaran. Misalkan,
penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak,
tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas
yang jumlah siswanya terbatas.
Apabila antara pendekatan, strategi,
metode, dan teknik sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka
terbentuklah apa yang disebut dengan model
pembelajaran.
DAFTAR
PUSTAKA
Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan
Nasional Balai Pustaka.
Munandir. 1987. Rancangan Sistem Pengajaran. Jakarta:
LPTK
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Sri Anitah W, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan:
Penerbit Universitas Terbuka
Sukandi, Ujang. 2003. Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya:
Duta Graha Pustaka
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –
Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Komentar
Posting Komentar