3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

A.     Sintesis Berbagai Materi

 

Pada modul 1, CGP mempelajari tentang paradigma dan visi guru penggerak. Materi diawali dari refleksi filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Dengan mempelajari filosofi pendidikan Indonesia, CGP memiliki visi yang jelas untuk menerapkan perannya dalam pembelajaran. CGP juga dapat melakukan aksi nyata penerapan budaya positif sesuai dengan ajaran KHD.

Modul 2 menjelaskan tentang praktik pembelajaran yang berpihak pada murid. Filosofi pendidikan KHD dituangkan dalam prinsip-prinsip pembelajaran yang dapat dijalankan oleh guru di kelas, misalnya dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional. Selain itu guru dapat menerapkan coaching agar murid dapat menemukan sendiri solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Guru penggerak diharapkan dapat menjadi pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah seperti yang diharapkan dari Modul 3. CGP belajar mengambil keputusan sebagai pemimpin pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pengambilan keputusan dan sembilan langkah pengujian keputusan. CGP diharapkan dapat menjadi pemimpin pengelolaan seumber daya dan menciptakan program yang berdampak pada murid. Muara akhir dari semua materi dari modul 1 sampai modul 3 adalah agar murid dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila.

Pemimpin pengelolaan sumber daya diharapkan menggunakan pendekatan berbasis kekuatan/aset dalam pengelolaan sumber daya. Pembelajaran atau program di sekolah dapat memaksimalkan aset-aset yang ada, yang meliputi: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, serta modal agama dan budaya. Implementasi pengelolaan sumber daya akan maksimal jika dilakukan secara terencana, terprogram, dan berkelanjutan.

Pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas. Sebagai contoh sekolah dapat memanfaatkan modal manusia di sekitar sekolah. Sekolah dapat mengundang warga sekitar sekolah atau wali murid yang memiliki profesi tertentu atau menjadi anggota komunitas tertentu untuk menjadi narasumber di kelas pada tema yang tepat. Pembelajaran akan menjadi lebih berkesan bagi murid, murid dapat belajar dari dunia nyata. Selain itu, kerja sama dan komunikasi yang baik akan terjalin.

Sebelum mengikuti pembelajaran pada modul 3.2, saya seringkali melihat organisasi atau komunitas dari sisi kekurangannya. Setelah mengikuti pembelajaran pada modul ini saya dapat melihat kekuatan atau aset-aset yang dimiliki oleh sekolah. Saya juga mendapatkan inspirasi untuk memaksimalkan pemanfaatan aset-aset tersebut untuk kemajuan sekolah. Saya berharap dapat mengimplementasikan apa yang saya peroleh di modul ini.

 

 

 

B.      Rancangan Tindakan

PRAKARSA PERUBAHAN

 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

       Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

       Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

·       Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi murid?

·       Berdiskusi dengan guru dan karyawan tentang lingkungan belajar seperti apa yang mereka harapkan.

·       Memberikan angket kepada siswa tentang lingkungan belajar seperti apa yang mereka harapkan.

A-mbil pelajaran (Discover)

       Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

       Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

·       Aset apa saja yang dimiliki sekolah?

·       Bagaimana memanfaatkan aset tersebut untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan?

·       Siapa saja yang dapat dilibatkan?

·       Kelas seperti apa yang diharapkan oleh siswa?

·       Apa saja yang perlu dilengkapi?

·       Melakukan observasi

·       Berdiskusi dengan guru dan karyawan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada tahap Ambil Pelajaran (Discover)

·       Memberikan angket kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan harapan siswa.

G-ali mimpi (Dream)

       Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

       Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

·       Kapan akan mulai mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman dan sesuai harapan siswa?

·       Di bagian mana saja lingkungan sekolah yang harus dibuat lebih nyaman?

·       Siapa saja yang harus dilibatkan?

·       Mengadakam forum rapat sekolah bersama guru dan karyawan.

·       Guru menyampaikan hasil angket siswa di kelas masing-masing.

·       Menyusun deskripsi kolektif jika inisiatif terwujud.

J-abarkan rencana (Design)

        Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

        Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

·       Tindakan apa yang harus dilakukan?

·       Apa saja indikator bahwa tujuan telah tercapai?

·       Berdiskusi dengan dewan guru dan karyawan untuk membuat rencana perubahan.

·       Menetapkan indikator ketercapaian.

A-tur eksekusi (Deliver)

       Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

       Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

·       Siapa yang berperan dalam pengambilan keputusan?

·       Bagaimana langkah-langkah pelaksanaan perubahan?

·       Berdiskusi dengan dewan guru dan karyawan tentang tanggung jawab dan peran masing-masing.

·       Berdiskusi dengan dewan guru dan karyawan untuk membuat perencanaan eksekusi dan berbagi tugas.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan