PERBANDINGAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI KOREA SELATAN, SHANGHAI, DAN KANADA


TASK KULIAH KE-15
MATA KULIAH PEDAGOGIK LANJUT
S3 IP UNS 2019

Buatlah analisis perbandingan pendidikan dan pembelajaran pada ketiga negara: Korea Selatan, Shanghai, dan Kanada.
1.      Lakukan analisis perbandingan.
2.   Kemukakan karakteristik masing-masing sistem berdasarkan framework aliran pendidikan dan teori belajar yang sudah Anda pelajari.
3.      Lengkapi analisis dengan referensi relevan.
4.      Submit file di SPADA.


JAWABAN

Hasil Analisis Video
Video berjudul Korea - Strong Performers and Successful Reformers in Education[1] menunjukkan bahwa orang tua di Korea mempunyai passion yang sangat kuat untuk pendidikan anak-anak mereka. Ini karena mereka ingin anak mereka mempelajari skill yang diperlukan untuk abad 21. Tahun 1996 pemerintah Korea memperkenalkan sebuah rencana untuk meningkatkan pendidikan dengan ICT di sekolah. Di tahun 2005 Korea mulai mendistribusikan dan melengkapi teknologi ICT di ruang kelas serta memperluas cakupan kewajiban guru.
Tujuan dari “Pendidikan Cerdas” di Korea adalah untuk mendigitalkan seluruh kurikulum sekolah Korea pada tahun 2015. Program tersebut dirancang untuk merespon tantangan pendidikan abad 21 dengan menggerakkan dari pendidikan yang seragam dan terstandarisasi ke pendidikan yang beragam dan berbasis kreativitas, sementara pada saat yang sama menjembatani kesenjangan pendidikan dengan membuat akses terbuka untuk semua.
Alasan utama pemerintah Korea menciptakan kebijakan ini adalah untuk menghasilkan tenaga kerja abad 21, mampu belajar kooperatif, dan mampu mengomunikasikan ide mereka ke orang lain dengan lebih baik. Sudah diketahui bahwa siswa Korea mencapai hasil yang mengagumkan dalam penilaian seperti PISA. Salah satu alasan untuk performa yang kuat ini adalah kompetisi yang intens pada ujian masuk universitas. Orang tua ingin mengirim anak mereka ke universitas terbaik, sehingga siswa bekerja sangat keras untuk mencapai hasil yang baik pada ujian masuk.
Di masa lalu, siswa dapat mempersiapkan untuk ujian masuk universitas dengan pembelajaran “pasif”. Namun sekarang segalanya telah berubah dan pembelajaran “pasif” bukan lagi cara yang bagus mempersiapkan untuk ujian. Pendekatan untuk belajar berubah, dan ketika siswa diberikan kesempatan untuk menggunakan ICT mereka belajar secara “aktif”. Mereka belajar bagaimana berpikir bebas dan kreatif, dan bagaimana memenuhi tantangan era baru serta mengembangkan kapasitas belajar baru yang sebelumnya kurang dimiliki oleh siswa Korea.  Buku teks digital membantu siswa untuk mencapai hal tersebut.
Proyek buku digital diluncurkan dalam fase pilot pada tahun 2007 dan diuji di lebih dari 130 sekolah yang dipilih di seluruh Korea. Pemerintah Korea membuat rencana untuk memperluas buku teks digital ke semua sekolah dasar pada tahun 2014 dan untuk semua sekolah menengah bawah dan atas pada tahun 2015. Proyek buku teks digital bertujuan untuk membantu anak-anak terlibat dengan orang lain dalam mengembangkan pengetahuan mereka. Hingga saat video tersebut dibuat, buku-buku teks yang digunakan masih berbasis kertas. Namun, pemerintah Korea sangat menyadari bahwa dalam pendidikan modern mereka membutuhkan informasi yang terintegrasi dan lancar alih-alih informasi yang tetap, kemampuan untuk benar-benar mengimplementasikan pengetahuan, dan kemampuan untuk mengamati sesuatu dan menyintesis pengetahuan yang berbeda.
 Buku teks berbasis kertas dapat berisi informasi lama, tetapi buku teks digital memungkinkan perubahan dengan segera sesuai dengan kebutuhan yang ada. Tidak seperti buku teks tradisional, yang hanya memiliki gambar statis, buku teks digital dapat memiliki gambar dan video, yang memungkinkan pembelajaran yang lebih efektif untuk anak-anak. Fungsi internal lain dari buku teks digital adalah "memo" atau "catatan" menggunakan pena. Dengan buku teks digital, siswa dapat menggarisbawahi, menulis, dan menghapus, seperti di memo atau notebook. Siswa tidak terbatas hanya mencatat. Siswa dapat meneruskan apa yang ditulis kepada guru untuk ditinjau. Guru dapat meninjau semuanya secara instan. Jadi ini adalah cara yang lebih efektif bagi guru untuk menilai kinerja siswa. Di masa lalu, setelah siswa menyelesaikan tugas mereka, guru harus mengumpulkan pekerjaan mereka dan membaca apa yang ditulis masing-masing siswa secara terpisah.
Hambatan terbesar untuk melakukan "Pendidikan Cerdas" di Korea kemungkinan adalah masalah keuangan. Setiap siswa di setiap kelas harus dilengkapi dengan buku teks digital. Ada begitu banyak siswa di kelas Korea. Rata-rata, lebih dari 30 siswa di setiap kelas. Biaya untuk menyediakan semua perangkat ini untuk setiap siswa akan sangat tinggi. Mengembangkan perangkat murah untuk disediakan bagi setiap siswa menjadi masalah penting.
Tujuan dari pendidikan melalui internet adalah untuk memudahkan siswa belajar dimana saja dan kapan saja. Pada tahun 2005 Korea meluncurkan Cyberhome Learning System untuk memungkinkan siswa mengakses pelajaran kurikulum dan tugas secara interaktif dari rumah. Selain menjembatani sekolah dan rumah, sistem ini dirancang untuk memberikan akses yang lebih adil terhadap materi pendidikan. Buku teks digital dan prakarsa Home Learning System dapat saling melengkapi. Pembuat kebijakan di Korea berharap kombinasi ini akan mengurangi tekanan orang tua untuk menghabiskan banyak uang dalam sekolah tambahan pribadi. Pembelajaran berbasis cyberhome akan sangat membantu, terutama untuk siswa dari keluarga berpenghasilan rendah. Seorang guru tertentu akan ditugaskan untuk siswa selama belajar cyberhome setelah sekolah. Jadi jika siswa memiliki pertanyaan, atau ingin belajar lebih banyak, mereka dapat memperoleh bantuan.
Setelah diuji, kelompok yang menggunakan buku teks digital menunjukkan keterampilan dalam pemecahan masalah dan dalam belajar mandiri dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan buku teks digital. Kinerja kelompok yang kurang beruntung secara ekonomi lebih baik daripada kelompok lain. Pemerintah Korea juga menemukan bahwa siswa yang menggunakan buku teks digital berkonsentrasi lebih baik pada konten daripada mereka yang menggunakan buku teks kertas biasa. Pemerintah Korea mengantisipasi bahwa di masa depan, guru yang tidak dapat memenuhi tuntutan baru dari siswa akan mengalami banyak kesulitan dalam posisi mengajar mereka di sekolah.
Selanjutnya, yang akan saya bahas adalah video berjudul Shanghai (China) - Strong Performers and Successful Reformers in Education[2]. Di video ini dijelaskan bahwa orang-orang Cina memiliki harapan pendidikan yang sangat tinggi. Semua keluarga berpikir bahwa pendidikan itu penting untuk anak-anak mereka. Jadi mereka telah mengatur perkembangan seumur hidup setiap anak. Di Cina ada pepatah lama, jika seseorang tidak memiliki perencanaan jangka panjang maka masalah akan semakin dekat. Saat ini, banyak pakar dan pendidik asing datang ke Shanghai untuk melihat perkembangan pendidikan di Shanghai. Dalam 30 tahun terakhir, pendidikan Shanghai telah berkembang sangat cepat. Pada tahun 2009 rata-rata PISA Shanghai mencetak skor tertinggi di dunia.
Pendidikan dasar di Shanghai memiliki sejarah dan tradisi yang sangat panjang. Dalam tiga dekade terakhir pemerintah di Shanghai telah memberikan perhatian khusus pada penyebaran pendidikan publik baik dalam hal pendanaan pendidikan untuk kaum muda, dan dalam membuat kebijakan. Pemerintah Shanghai telah melakukan banyak upaya untuk meningkatkan akses kaum muda ke pendidikan. Tentu saja dalam proses pengembangan sistem pendidikan ini, masalah telah muncul dan pada setiap titik pemerintah Shanghai telah mengembangkan kebijakan pendidikan baru untuk menyelesaikan masalah ini. Adil untuk mengatakan bahwa kualitas sistem pendidikan publik Shanghai sangat bagus.
Masalah yang dihadapi Shanghai saat itu adalah variasi kinerja antar sekolah. Dalam proses pengembangan, banyak sekolah baru telah dibangun dan mereka menghadapi beberapa masalah. Sekolah baru belum memiliki tradisi, pengalaman, dan guru yang terlatih. Akibatnya beberapa keluarga yang tinggal di dekat sekolah tidak terlalu bahagia. Administrasi yang diberdayakan adalah pendekatan baru untuk meningkatkan kualitas sekolah yang lebih lemah di Shanghai. Di bawah Pemberdayaan Administrasi: sekolah yang kuat dari Shanghai atau lembaga pendidikan dikontrak untuk memperkuat sekolah yang lebih lemah. Sekolah atau institusi yang kuat memberikan bimbingan administrasi dan pedagogis. Institusi semacam itu umumnya terdiri atas kepala sekolah dan guru pensiunan. Program ini mendapatkan dukungan dari pemerintah kota serta masyarakat luas. Sekolah-sekolah yang lebih kuat dan sekolah-sekolah yang berkinerja lebih rendah menandatangani perjanjian kerja sama dalam bentuk konsorsium. Dalam perjanjian ini, tanggung jawab, hak, dan kewajiban masing-masing sekolah didefinisikan dengan jelas.
Pemberdayaan administrasi melibatkan empat mitra: (1) pemerintah kota Shanghai, (2) mitra eksternal (sekolah atau perusahaan), (3) otoritas pendidikan kabupaten yang membiayai upaya tersebut, dan (4) badan evaluasi eksternal untuk secara independen menilai hasil proyek. Dalam proses pengembangan di Shanghai, umumnya sekolah-sekolah di dalam kota beroperasi lebih baik, kualitas pendidikan lebih tinggi, dan guru memiliki peralatan yang lebih baik. Sebaliknya, di bagian-bagian terpencil Shanghai, transportasi tidak nyaman, komunitas pengajarnya tidak kuat, dan manajemen sistem pendidikan tidak mengikuti standar tertentu. Pada dasarnya, kepala sekolah dan tim manajemen mereka memiliki gagasan terbatas tentang cara mengelola sekolah modern. Mereka tidak memiliki landasan teori yang kuat dan tidak mengikuti perubahan era baru teknologi informasi dan modernisasi. Kedua, karena sekolah-sekolah ini terletak di daerah terpencil, tingkat pergantian guru sangat tinggi. Mayoritas guru di daerah terpencil lebih suka pergi ke pusat kota untuk mengajar karena gaji guru di sana tidak sebaik guru-guru di pusat kota. Jadi komunitas pengajar di daerah-daerah terpencil masih sangat muda dan tidak berpengalaman.
 Sekolah yang lebih kuat di Shanghai mengirimkan tim manajemen yang baik ke sekolah yang berkinerja lebih rendah. Tim manajemen yang masuk ke sekolah yang berkinerja lebih rendah membantu memimpin para guru dan membantu memberi mereka pelajaran pengalaman untuk mentransfer manajemen, metode, konsep, serta meningkatkan standar pendidikan sekolah yang lebih kuat ke sekolah yang berkinerja kurang tersebut. Biasanya guru berpikir sangat sulit untuk mengajar siswa yang lemah. Namun, setelah mereka mengubah prasangka mereka, mereka menyadari bahwa semua siswa memiliki keinginan dan potensi untuk menjadi sukses.
Di masa lalu, cara Shanghai mengubah situasi adalah dengan mengirim guru dan analis yang luar biasa untuk duduk di kelas dan bertukar gagasan dengan guru dan menasihati mereka. Pada hari berikutnya kelasnya jelas lebih baik. Namun tidak lama setelah itu, para guru kembali ke cara mengajar mereka yang lama. Triknya adalah membuat perubahan dalam perilaku guru sebagai perubahan sistematis dan abadi. Namun, dengan begitu banyak guru, tidak dapat memberi saran dengan mudah satu per satu untuk selamanya. Jadi, guru yang baik diminta untuk menunjukkan bagaimana kelas yang baik seharusnya, dan memintanya untuk menulis rencana pelajaran dan membuat presentasi power point atau flash, seluruh prosedur dari memulai pembelajaran hingga menutup pembelajaran.
Pemberdayaan administrasi sangat memengaruhi sistem dan sikap sekolah serta meningkatkan kepercayaan diri sekolah. Sebagai contoh, di beberapa sekolah, awalnya nilainya sangat buruk dan orang tua memindahkan anak-anak mereka ke sekolah lain. Namun, setelah Pemberdayaan Administrasi mengambil alih sekolah-sekolah yang berkinerja buruk ini selama satu atau dua tahun, semua siswa kembali. Bahkan untuk anak-anak yang tidak pergi ke sekolah-sekolah ini sebelumnya, orang tua mereka juga mendaftarkan mereka. Jadi, keluarga yang tadinya meminta siswa meninggalkan sekolah berbondong-bondong, menjadi benar-benar ingin mendaftarkan anak-anak mereka di sekolah tersebut. Pemberdayaan Administrasi telah berhasil meningkatkan sekolah yang berkinerja buruk menjadi lebih baik.
Video yang ketiga berjudul Ontario (Canada) - Strong Performers and Successful Reformers in Education[3]. Hal paling penting yang dilakukan Kanada untuk menjamin keberhasilan ekonomi masa depan adalah berinvestasi dalam keterampilan dan pendidikan anak-anak mereka. Pemerintah Kanada telah berusaha sangat keras untuk mendapatkan peningkatan yang terukur.
Empat dari sepuluh siswa di Ontario adalah imigran sehingga populasi siswa kaya akan keanekaragaman. Keanekaragaman tersebut tidak dilihat sebagai penghalang tetapi dilihat sebagai peluang dan tantangan. Pemerintah memastikan untuk menyediakan lebih banyak dukungan dan lebih banyak sumber daya dengan cara yang berarti bagi sekolah. Pemerintah juga dapat mengidentifikasi proporsi anak-anak yang hidup dalam kemiskinan dan anak-anak yang datang ke sekolah tanpa bahasa Inggris atau Perancis sebagai bahasa pertama mereka. Sumber daya tambahan diberikan untuk membangun kapasitas tambahan staf pengajar dan kepemimpinan sekolah untuk membantu memenuhi kebutuhan anak-anak itu di awal semester.
Standar provinsi Ontario dalam membaca, menulis, dan matematika yaitu tahun 2002-2003: 54% siswa memenuhi standar provinsi, tahun 2009-2010: 68% siswa mencapai standar provinsi. Tingkat kelulusan sekolah menengah atas yaitu tahun 2004: 68% siswa lulus dan tahun 2008: 77% siswa lulus. Hasil PISA menunjukkan bahwa pada tahun 2009, Ontario berada pada peringkat 10 atas dalam membaca. Anak-anak imigran dan kelahiran Kanada memiliki kinerja yang sama baiknya dalam penilaian tersebut. Strategi keberhasilan siswa Ontario adalah menurunkan tingkat putus sekolah dan meningkatkan tingkat kelulusan.
Beberapa tahun terakhir pemerintah memberikan intervensi untuk anak-anak yang tidak mencapai penguasaan. Pemerintah Kanada juga memiliki data yang sangat signifikan yang menunjukkan jika seorang anak tidak mencapai standar dan dilakukan intervensi, pelacakan dapat dilakukan untuk memantau kemajuan anak tersebut. Salah satu hal yang menarik pada tahun 2004 adalah bahwa sekolah menengah tidak tahu berapa proporsi anak-anak yang lulus dan anak-anak mana yang berada di jalur yang tepat untuk sekolah pascasarjana, serta berapa banyak anak yang mendapatkan semua kredit mereka di kelas 9 atau kelas 10. Setahun kemudian dengan arahan yang kuat dari pemerintah, sekolah menengah mampu memonitor hal tersebut.
Pemerintah memberikan bantuan bagi anak-anak imigran agar mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Ada komunitas belajar bahasa Inggris yang besar di Ontario yang dapat mereka ikuti. Siswa juga mendapatkan bimbingan khusus dari guru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Dengan demikian kesenjangan antara siswa imigran dengan yang asli lahir di Kanada dapat dikurangi.
Ada banyak cara telah dilakukan untuk mendukung siswa di sekolah. Dalam hal ini seluruh staf sekolah dilibatkan. Beberapa cara yang mereka lakukan adalah melalui rapat staf yaitu pertemuan kelompok besar di mana semua terlibat untuk melayani siswa, terutama siswa yang berisiko.

Perbandingan Pendidikan dan Pembelajaram antara Korea Selatan, Cina, dan Kanada
Berdasarkan ketiga video di atas, ketiga negara, baik Korea Selatan, Cina (Shanghai), maupun Kanada (Ontario) berupaya untuk mengatasi kesenjangan dalam bidang pendidikan. Mereka ingin menciptakan kesempatan yang sama untuk semua siswa. Korea lebih fokus untuk mengatasi kesenjangan di antara siswa yang berasal dari keluarga berpenghasilan tinggi dengan siswa yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah melalui program buku teks digital dan Home Learning System. Shanghai (Cina) ingin mengatasi kesenjangan antara sekolah di wilayah perkotaan dengan di pedesaan atau wilayah terpencil, juga antara sekolah yang kinerjanya kuat dengan yang kinerjanya lemah. Program yang menjadi unggulan yaitu Pemberdayaan Administrasi di mana sekolah yang kuat dari Shanghai atau lembaga pendidikan dikontrak untuk memperkuat sekolah yang lebih lemah. Sedangkan di Kanada, pemerintah fokus pada mengatasi kesenjangan antara siswa kelahiran Kanada dengan siswa imigran. Siswa imigran umumnya memiliki hambatan dalam bahasa pengantar di sekolah yang berbeda dengan negara asalnya. Program yang menjadi unggulan pemerintah adalah intervensi khusus bagi siswa yang mengalami hambatan tersebut dan juga komunitas belajar bahasa Inggris.
Laporam OECD, Teaching and Learning International Survey (TALIS)[4] menyebutkan bahwa di Shanghai (Cina), 55% dari guru melaporkan sering menenangkan siswa yang mengganggu (rata-rata OECD 65%) dan 93% melaporkan sering menjelaskan bagaimana topik baru dan lama terkait (rata-rata OECD 84%). Di Shanghai (Cina), 67% guru melaporkan sering meminta siswa untuk memutuskan prosedur mereka sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugas kompleks, dibandingkan dengan 45% rata-rata di seluruh OECD. Selama pelajaran biasa, para guru menghabiskan 85% waktu di kelas untuk mengajar dan belajar aktual, rata-rata di Shanghai (Cina), yang lebih tinggi dari rata-rata OECD 78%. Dalam lima hingga sepuluh tahun terakhir, waktu kelas yang dihabiskan untuk pengajaran dan pembelajaran aktual telah berkurang di sekitar setengah negara dan ekonomi yang berpartisipasi dalam TALIS, tetapi tiga tahun terakhir di Shanghai (Cina), waktu kelas yang dihabiskan untuk pengajaran dan pembelajaran aktual tetap stabil.
Sebesar 83% guru di Shanghai (Cina) secara rutin menilai kemajuan siswa mereka dengan mengamati mereka dan memberikan umpan balik langsung (rata-rata OECD 79%), sementara 56% guru melaporkan mengelola penilaian mereka sendiri kepada siswa mereka (rata-rata OECD 77%) dan 43% guru sering membiarkan siswa mengevaluasi kemajuan mereka sendiri (rata-rata OECD 41%). Secara keseluruhan, sebagian besar guru dan pemimpin sekolah memandang kolega mereka terbuka untuk berubah dan sekolah mereka sebagai tempat yang memiliki kapasitas untuk mengadopsi praktik-praktik inovatif. Sebesar 92% guru juga melaporkan bahwa mereka dan kolega mereka saling mendukung dalam menerapkan ide-ide baru. Ini lebih tinggi daripada bagian rata-rata di negara-negara OECD dan ekonomi yang berpartisipasi dalam TALIS (78%).
Data-data dari laporan OECD tersebut menunjukkan bahwa kinerja Shanghai (Cina) dalam bidang pendidikan memang melebihi rata-rata OECD sehingga tidak mengherankan jika Shanghai (Cina) berada pada posisi paling atas dalam tes PISA. Data tersebut jika dibandingkan dengan Korea[5] dan Kanada[6] adalah seperti berikut.

Tabel 1. Perbandingan Praktik Guru di Kelas antara Cina, Korea, dan Kanada
No.
Aspek
Shanghai (Cina)
Korea
Ontario (Kanada)
Rata-rata OECD
1.
Menenangkan siswa yang mengganggu
55%
75%
58%
65%
2.
Menjelaskan bagaimana topik baru dan lama terkait
93%
86%
87%
84%
3.
Meminta siswa untuk memutuskan prosedur mereka sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugas kompleks
67%
51%
55%
45%
4.
Waktu di kelas untuk mengajar dan belajar aktual
85%
76%
81%
78%
5.
Secara rutin menilai kemajuan siswa mereka dengan mengamati dan memberikan umpan balik langsung
83%
60%
87%
79%
6.
Mengelola penilaian sendiri kepada siswa
56%
53%
94%
77%
7.
Membiarkan siswa mengevaluasi kemajuan mereka sendiri
43%
36%
42%
41%
8.
Guru dan kolega saling mendukung dalam menerapkan ide-ide baru
92%
71%
86%
78%

Dari tabel 1 di atas, terlihat bahwa kinerja guru di kelas-kelas Cina lebih baik dibandingkan di Korea dan Kanada. Sebagai contoh dalam aspek manajemen kelas, guru tidak terlalu menghabiskan energi untuk menenangkan siswa di kelas. Hal ini karena siswa di Cina memang terbiasa dengan sikap tenang dan menghormati guru di kelas. Dalam hal ini Kanada juga lebih unggul dibanding Korea.
Dalam aspek menilai kemajuan siswa secara rutin dengan mengamati dan memberikan umpan balik langsung, Cina dan Korea masih berada di bawah Kanada, namun Cina lebih unggul dibanding rata-rata OECD. Cina hampir lebih unggul dalam segala aspek dibandingkan dengan Korea dan Kanada, terutama dalam kerja sama antar sesama guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jadi, tidak heran jika pada tes PISA tahun 2018, dari 77 negara, Cina berada pada peringkat pertama. Sementara itu, Kanada berada pada peringkat keenam dan Korea pada peringkat kesembilan[7]. Prestasi Cina tentunya tidak lepas dari praktik pembelajaran yang sangat baik di kelas.




[1] Korea - Strong Performers and Successful Reformers in Education, 10 Februari 2012, https://www.youtube.com/watch?v=OJhzdIBUPs0
[2] Shanghai (China) - Strong Performers and Successful Reformers in Education, 24 Januari 2012, https://www.youtube.com/watch?v=yxT94FXwSPM&list=PLqjNc44fuj5YowB_-EBVRRN8 V6 tlzLbb1&index=4
[3] Ontario (Canada) - Strong Performers and Successful Reformers in Education, 24 Januari 2012, https://www.youtube.com/watch?v=p4d9o6RpYDM&index=3&list=PLqjNc44fuj5YowB_-EBVRRN8V6tlzLbb1
[4] OECD 2019, Shanghai (China) - Country Note - TALIS 2018 Results, hlm. 2., diunduh dari http://www.oecd.org/education/talis/TALIS2018_CN_CSH.pdf pada 21 Desember 2019.
[5] OECD 2019, Alberta (Canada) - Country Note - TALIS 2018 Results, hlm. 2., diunduh dari http://www.oecd.org/education/talis/TALIS2018_CN_CAB.pdf pada 21 Desember 2019.
[6] OECD 2019, Korea - Country Note - TALIS 2018 Results, hlm. 2., diunduh dari https://www.oecd.org/education/talis/TALIS2018_CN_KOR.pdf pada 21 Desember 2019.

[7] OECD, Snapshot od Student Performance, diunduh dari https://www.oecd.org/pisa/PISA-results_ENGLISH.png pada tanggal 12 Desember 2019 pukul 09.16.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan