Meningkatkan Literasi Digital Siswa melalui E-Learning Berbantuan Blog

 


Saat ini negara-negara di dunia mulai mengarahkan pendidikan untuk menjembatani siswa menguasai kecakapan abad 21, yaitu kualitas karakter, literasi dasar, dan kompetensi (kemampuan berpikir krtitis dan pemecahan masalah, kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi). Dalam kurikulum 2013 terdapat enam jenis literasi yang diutamakan yaitu literasi baca-tulis, literasi budaya dan kewargaan, literasi sains, literasi numerasi, literasi digital, dan literasi finansial (Kemdikbud, 2018). Pandemi Covid-19 menyebabkan siswa harus belajar di rumah sehingga literasi digital menjadi sangat krusial. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari (Kemdikbud, 2017).

Penggunaan e-learning saat ini tidak dapat dihindari. E-learning (electronic learning) adalah suatu jenis pembelajaran yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain (Koran, 2002). Aplikasi yang populer seperti Whatsapp, Telegram, bahkan media sosial seperti Facebook dan Instagram dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran elektronik. Saat ini tersedia juga banyak aplikasi konferensi video sehingga guru dan siswa dapat bertatap muka secara daring, seperti Google Hangouts Meet, Skype, Zoom, Cisco Webex, dan sebagainya.

Selama masa pandemi ini, untuk pembelajaran di kelas V A SD Negeri Masaran 1 tahun 2019/2020 guru menerapkan e-learning melalui media blog. Dengan menggunakan blog guru dapat menggabungkan berbagai link menjadi satu sehingga mudah diakses oleh siswa. Selain itu sifat pembelajaran yang asinkron membuat pembelajaran lebih fleksibel sehingga tidak terlalu membebani siswa. Untuk diskusi, aplikasi whatsapp digunakan agar real time dan siswa tidak perlu terus-menerus mengecek blog.

Materi blog dirancang oleh guru sedemikian rupa sehingga memudahkan siswa dalam mengikuti alur pembelajaran. Judul postingan blog ditulis sesuai dengan materi yang dipelajari siswa. Kegiatan yang harus dilakukan siswa diberi penekanan berupa huruf dengan ukuran yang lebih besar dan diberi efek bold. Kegiatan yang dicantumkan meliputi: Membaca, Menyimak Video, Tugas Mandiri, dan Postes.

Pada kegiatan membaca, teks bacaan sesuai tema disajikan dalam blog. Setelah membaca siswa diminta untuk menyimak video sesuai materi pembelajaran. Video disematkan dari link Youtube. Setelah mengamati video, siswa dapat bertanya atau berdiskusi melalui grup Whatsapp. Selanjutnya siswa mengerjakan tugas mandiri. Salah satu tugas mandiri yang diberikan guru yaitu melakukan percobaan untuk membedakan zat tunggal dan zat campuran. Tugas tersebut diunggah di link Google Drive yang sudah tersedia di blog. Link ini dibuat dalam bentuk gambar sehingga tampilan blog lebih menarik. Terakhir, siswa mengerjakan post test berupa soal yang sudah dirancang oleh guru dengan memanfaatkan bank soal pada Portal Rumah Belajar.

Pembelajaran elektronik berbantuan blog ini meningkatkan literasi digital siswa. Mereka yang tadinya belum paham apa itu blog, link, Google Drive, dan sebagainya menjadi lebih paham. Dengan penugasan yang ada siswa juga menjadi lebih kreatif dalam membuat video yaitu dengan menyisipkan gambar atau tulisan di video. Post test yang diberikan mendorong siswa untuk membuat akun di Portal Rumah Belajar. Hal ini meningkatkan akses mereka ke sumber-sumber pengetahuan di dunia maya.


Artikel ini sudah diterbitkan di Jateng Pos dengan judul "E-Learning Berbantuan Blog Tingkatkan Literasi Digital Siswa" pada 11 Mei 2020

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan