Download Contoh RPP Berdiferensiasi

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

 


Link Download RPP:



Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Siswa

No.

Gaya Belajar

Banyak Siswa

Diferensiasi Proses

1.

Visual

7

Menyimak video, membaca teks

2.

Visual, kinestetik

2

Menyimak video, membaca teks, praktik

3.

Visual, auditory

1

Menyimak video, membaca teks, tanya jawab/diskusi

4.

Kinestetik

9

Praktik

5.

Belum diketahui

2

-

Jumlah

21

 

 

Rencana Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

KSE yang Dikembangkan

Cara Penerapan

Yang dilakukan Guru

Yang dikatakan Guru

Kesadaran diri

Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain, dan lingkungan.

1.    Guru membimbing siswa melakukan refleksi tentang pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari serta sikap yang telah dikembangkan.

2.    Guru meminta siswa merenungkan apa yang dapat mereka berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah dikembangkan tersebut.

1.     Pengetahuan apa yang kamu pelajari hari ini?

2.     Keterampilan apa yang kamu latih hari ini?

3.     Sikap apa yang kamu kembangkan hari ini?

4.     Apa yang dapat kamu berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapmu?

 

Hal penting yang disampaikan kepada siswa:

 

Sains ada dalam kehidupan sehari-hari. Mempelajari sains akan membantu kita lebih memahami hal-hal di sekitar kita. Untuk memahami sesuatu terkadang kita perlu membuktikan sendiri pengetahuan tersebut layaknya seorang ilmuwan. Sikap yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan diantaranya adalah teliti dan tidak mudah menyerah.

 

Keterampilan berelasi

Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid.

1.    Guru mengelompokkan siswa dengan anggota 4-5 anak.

2.    Guru meminta setiap kelompok untuk praktik membedakan campuran homogen dan heterogen sesuai dengan langkah-langkah pada LK.

1.     Bersama dengan kelompokmu, lakukan praktik membedakan campuran homogen dan heterogen.

2.     Kerjakan sesuai langkah-langkah pada LK.

 

Hal penting yang disampaikan oleh guru:

 

Bekerja sama dengan teman akan membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan. Ketika bekerja kelompok, kalian belajar untuk berkomunikasi dengan baik, menghargai pendapat orang lain, dan menerima keputusan atau hasil diskusi bersama.

 


 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Unsur Diferensiasi dan Pembelajaran Sosial-Emosional)

 

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Pringanom 3

Tema                         : 9. Benda-benda di Sekitar Kita

Sub Tema                  : 1. Benda Tunggal dan Campuran

Pembelajaran             : 1

Kelas/Semester          : V/2

Materi Pokok             : Zat Tunggal dan Campuran

Alokasi Waktu           : 3 35  menit

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN


  1. Melalui strategi diferensiasi proses (membaca teks, menyimak video, dan tanya jawab), peserta didik dapat menjelaskan dan memberikan contoh zat tunggal dan zat campuran.
  2. Melalui kegiatan praktik, peserta didik dapat membedakan campuran homogen dan heterogen.
  3. Melalui strategi diferensiasi produk (poster, artikel, atau video), peserta didik dapat menyajikan pengetahuan tentang zat tunggal dan campuran.

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Tahap

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

1.  Guru memulai kelas dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran dan menanyakan kesiapan belajar.

2.     Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari siswa.

3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti

1.    Guru menunjukkan gambar mesin cuci baru keluarga Lani melalui layar proyektor dan mengajak siswa bertanya jawab tentang gambar.

2.   Guru membuka slide narasi tentang gambar, salah satu siswa diminta membaca narasi tersebut dan siswa lain menyimak.

3.    Kemudian, Guru mengajukan pertanyaan seperti tertulis pada buku, yaitu ”Apakah yang dimaksud benda zat tunggal?” dan ”Apa saja benda-benda di lingkungan kita yang termasuk benda zat tunggal?”

Alternatif jawaban

·    Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi.

·    Contoh benda di sekitar yang termasuk zat tunggal yaitu kapur tulis, logam besi, dan kawat tembaga

4.     Siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan guru dengan percaya diri.

5.    Siswa diajak mengamati gambar benda-benda yang termasuk zat tunggal.

6.   Guru memberi stimulus kepada siswa melalui pertanyaan: “Apa saja gambar yang terdapat dalam buku? Bagaimana jika suatu zat tunggal dicampur dengan zat tunggal lainnya?”

7.   Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan pengertian zat tunggal berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan. Guru juga memberikan penegasan terkait materi zat tunggal.

8.     Secara mandiri siswa diminta untuk membaca teks bacaan mengenai zat tunggal dan campuran.

9.    Untuk memperkuat pemahaman siswa, mereka diajak untuk menyimak video tentang zat tunggal dan campuran.

10.  Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan:

Apa saja contoh zat tunggal dan campuran?

11. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai berbagai contoh zat tunggal

dan campuran dengan percaya diri.

Alternatif jawaban

·    Zat campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa jenis materi atau zat tunggal.

·    Contoh benda di sekitar yang termasuk zat campuran, yaitu minuman susu, campuran air dan pewarna, campuran air dan teh, campuran air dan kapur, campuran air dan minyak

12.  Peserta didik diberikan tugas untuk membuat peta pikiran tentang zat tunggal dan campuran berdasarkan bacaan dan video yang telah disaksikan.

13.  Guru berkeliling untuk mengecek pekerjaan siswa dan memberikan masukan jika diperlukan.

14.  Peta pikiran dikumpulkan dan dinilai, guru memberikan umpan balik sesuai hasil pekerjaan siswa.

15.  Masing-masing kelompok diminta menyiapkan alat dan bahan untuk praktik.

16.  Siswa memulai praktik untuk membedakan zat tunggal dan campuran. Siswa berdiskusi untuk mengerjakan LK sesuai hasil praktik.

17.  Guru memberi kesempatan kepada salah satu kelompok untuk mempresentasikan jawaban. Kelompok lain menanggapi.

18.   Guru mengonfirmasi jawaban siswa dengan melakukan pembahasan.

19.    Siswa membuat simpulan hasil pembelajaran.

Penutup

1.     Guru mengajak siswa melakukan refleksi pembelajaran.

·   Pengetahuan apa yang kamu pelajari hari ini?

·   Keterampilan apa yang kamu latih hari ini?

·   Sikap apa yang kamu kembangkan hari ini?

·   Apa yang dapat kamu berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapmu?

2.     Siswa mengerjakan soal evaluasi.

3.     Guru menutup pembelajaran.

 

 

C.    PENILAIAN

      

      Penilaian Sikap

     

     Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan. Fokus penilaian pada sikap percaya diri dan kerja sama.


       Format Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Peserta Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.     Penilaian Pengetahuan

Soal

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.     Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa disebut ....

A.      materi

B.      zat tunggal

C.      campuran

D.      gas

2.     Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi ….

A.      padat, cair, dan gas

B.      zat tunggal dan campuran

C.      campuran homogen dan heterogen

D.      unsur dan senyawa

3.     Perhatikan beberapa contoh industri berikut!

(1)     Air

(2)     Emas 24 karat

(3)     Gula

(4)     Air sirop

(5)     Perunggu

Contoh zat tunggal ditunjukkan oleh nomor ....

A.      (1), (2), dan (3)

B.      (2), (3), dan (4)

C.      (1), (3), dan (4)

D.      (2), (3), dan (5)

4.     Campuran antara dua macam zat atau lebih yang partikel-partikel penyusunnya masih dapat dibedakan satu sama lainnya disebut ….

A.      larutan

B.      senyawa

C.      campuran homogen

D.      campuran heterogen

5.     Campuran yang memiliki bagian-bagian penyusun yang tidak dapat dibedakan lagi disebut campuran ....

A.      murni

B.      tidak murni

C.      homogen

D.      heterogen

6.     Berikut ini merupakan contoh campuran homogen, kecuali ….

A.      air garam

B.      sirop

C.      kuningan

D.      air kopi

7.     Salah satu ciri campuran homogen yaitu ....

A.      keruh dan tidak tembus cahaya

B.      partikel-partikel zat tercampur merata

C.      campuran akan mengendap jika didiamkan

D.      ukuran partikel yang bercampur lebih besar dari molekul

8.     Contoh campuran heterogen adalah campuran air dengan ....

A.      teh

B.      sirop

C.      tepung

D.      gula

9.     Udara di sekitar kita merupakan materi yang berdasarkan komposisinya termasuk ….

A.      unsur

B.      senyawa

C.      campuran homogen

D.      campuran heterogen

10.  Sebuah gelas diisi setengahnya dengan air dan setengahnya lagi dengan minyak goreng. Campuran tersebut diaduk kemudian didiamkan selama beberapa saat. Yang terjadi adalah ….

A.      air dan minyak akan tercampur merata sehingga tidak dapat dibedakan lagi

B.      tidak dapat tercampur sempurna, lapisan air di bawah, lapisan minyak di atas

C.      tidak dapat tercampur sempurna, lapisan air di atas, lapisan minyak di bawah

D.      minyak akan tampak seperti butiran-butiran yang mengambang di dalam air

 

 

 

 

Kunci Jawaban

1.     A

2.     B

3.     A

4.     D

5.     C

6.     D

7.     B

8.     C

9.     C

10.  B

 

Pedoman Penilaian

Skor tiap nomor yang benar = 1

 

 

3.     Penilaian Keterampilan

Rubrik Penilaian Peta Pikiran

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Isi/ Materi

Isi dan pengetahuan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

 

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

Memenuhi tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Penggunaan bahasa belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

 

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

Memenuhi tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

Keterampilan Penulisan

Keterampilan penulisan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

Memenuhi tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

 

Rubrik Penilaian Poster

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Isi/teks

Isi/ teks belum mengandung penjelasan yang tepat.

Memuat penjelasan satu dari tiga materi: (1) zat tunggal, (2) campuran homogen, dan (3) campuran heterogen dengan singkat, padat, dan jelas.

Memuat penjelasan dua dari tiga materi: (1) zat tunggal, (2) campuran homogen, dan (3) campuran heterogen dengan singkat, padat, dan jelas.

Memuat penjelasan tentang tiga materi: (1) zat tunggal, (2) campuran homogen, dan (3) campuran heterogen dengan singkat, padat, dan jelas.

Desain/ gambar

Memenuhi satu dari empat aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen proporsional, (3) gambar menarik, dan (4) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian.

Memenuhi dua dari empat aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen proporsional, (3) gambar menarik, dan (4) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian.

Memenuhi tiga dari empat aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen proporsional, (3) gambar menarik, dan (4) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian.

Memenuhi empat aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen proporsional, (3) gambar menarik, dan (4) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian.

Tujuan penyampaian pesan

Pesan tidak dapat ditangkap pembaca.

Pesan sulit ditangkap pembaca.

Pesan cukup mudah ditangkap pembaca.

Pesan sangat mudah ditangkap pembaca.

 

Rubrik Penilaian Artikel

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Isi

Penjelasan tentang materi zat tunggal, campuran homogen, dan campuran heterogen belum lengkap dan belum disertai contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Memuat penjelasan satu dari tiga materi (zat tunggal, campuran homogen, dan campuran heterogen) secara lengkap disertai contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Memuat penjelasan dua dari tiga materi (zat tunggal, campuran homogen, dan campuran heterogen) secara lengkap disertai contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Memuat penjelasan tentang tiga materi (zat tunggal, campuran homogen, dan campuran heterogen) secara lengkap disertai contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa

Belum memenuhi aspek: (1) menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) pemilihan kata tepat, dan (3) ejaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) pemilihan kata tepat, dan (3) ejaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) pemilihan kata tepat, dan (3) ejaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Memenuhi tiga aspek: (1) menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (2) pemilihan kata tepat, dan (3) ejaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Organisasi Tulisan

Belum memenuhi aspek: (1) struktur teks mengandung pendahuluan, isi, dan penutup; (2) masing-masing paragraf mengandung sebuah ide pokok, dan (3) ada keterpaduan antara paragraf satu dengan yang lain.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) struktur teks mengandung pendahuluan, isi, dan penutup; (2) masing-masing paragraf mengandung sebuah ide pokok, dan (3) ada keterpaduan antara paragraf satu dengan yang lain.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) struktur teks mengandung pendahuluan, isi, dan penutup; (2) masing-masing paragraf mengandung sebuah ide pokok, dan (3) ada keterpaduan antara paragraf satu dengan yang lain.

Memenuhi tiga aspek: (1) struktur teks mengandung pendahuluan, isi, dan penutup; (2) masing-masing paragraf mengandung sebuah ide pokok, dan (3) ada keterpaduan antara paragraf satu dengan yang lain.

Tujuan penyampaian pesan

Pesan tidak dapat ditangkap pembaca.

Pesan sulit ditangkap pembaca.

Pesan cukup mudah ditangkap pembaca.

Pesan sangat mudah ditangkap pembaca.

 

 

Rubrik Penilaian Video

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Penguasaan Materi

Belum menguasai materi.

Menguasai satu dari tiga materi: (1) zat tunggal, (2) campuran homogen, dan (3) campuran heterogen.

Menguasai dua dari tiga materi: (1) zat tunggal, (2) campuran homogen, dan (3) campuran heterogen.

Menguasai tiga materi: (1) zat tunggal, (2) campuran homogen, dan (3) campuran heterogen.

Penyampaian Materi

Materi disampaikan namun belum memenuhi aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi dengan lancar.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi dengan lancar.

Memenuhi tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi dengan lancar.

Kepercayaan Diri

Tidak percaya diri

Cukup percaya diri

Percaya diri

Sangat percaya diri

 

 

 

Pedoman Penilaian

Nilai = Skor Perolehan/Skor Maksimal x 100


 

 

Mengetahui

Kepala SD Negeri Pringanom 3

 

 

Linda Nurmasari, M.Pd.

NIP 19891104 201101 2 005

Pringanom, 30 Maret 2022

 

Penyusun RPP

 

 

Linda Nurmasari, M.Pd.

NIP 19891104 201101 2 005

 

 


 

Lampiran

 

LEMBAR KERJA KELOMPOK

 

 

Muatan Pelajaran     : IPA

Kelas/Semester        : V/II

Materi                      : Campuran Homogen dan Heterogen

Waktu                      : 30 menit

 

A.    Tujuan

Peserta didik dapat membedakan campuran homogen dan heterogen.

 

B.    Alat dan Bahan

Alat:

·       Gelas plastik bening 7 buah

·       Sendok

Bahan:

·       Air

·       Garam

·       Kapur

·       Sirop

·       Tepung

·       Gula

·       Minyak

·       Kopi

 

C.    Langkah Kerja

1.     Labeli masing-masing gelas dengan nama berikut:

·       Air + garam

·       Air + kapur

·       Air + sirop

·       Air + tepung

·       Air + gula

·       Air + minyak

·       Air + kopi

2.     Masukkan bahan sesuai dengan labelnya dan aduk.

3.     Amati campuran pada masing-masing gelas.

4.     Gunakan hasil pengamatanmu dan berdiskusilah dengan kelompokmu untuk mengisi tabel dengan cara memberikan centang () pada kolom yang sesuai (homogen atau heterogen)!

5.     Buatlah simpulan berdasarkan hasil kerjamu!

 

D.    Hasil Kerja Kelompok

 

No.

Campuran

Jenis Campuran

Keterangan

Homogen

Heterogen

1.

Air + garam

 

 

 

2.

Air + kapur

 

 

 

3.

Air + sirop

 

 

 

4.

Air + tepung

 

 

 

5.

Air + gula

 

 

 

6.

Air + minyak

 

 

 

7.

Air + kopi

 

 

 

 

Simpulan:

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan