1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 


1.   Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?

Jawab:

Usia 0-21 tahun adalah masa bertumbuh, masa perkembangan dan pencarian jati diri. Semua hal yang kita alami, baik itu positif maupun negatif membentuk diri kita yang sekarang. Waktu itu, dengan mudah kita menyerap segala hal dan saya yakin banyak yang masuk ke alam bawah sadar. Sejak kecil saya jarang bertemu dengan kedua orang tua karena mereka pergi merantau. Waktu di SD, kurangnya perhatian orang tua membuat saya jarang mengerjakan PR, sering tidak menjadwal, dan memiliki prestasi belajar yang rendah. Namun, guru-guru saya waktu itu begitu sabar. Tidak pernah saya dimarahi. Pujian-pujian sederhana dari guru selalu saya ingat sampai hari ini sebagai kenangan yang manis.

Ketika duduk di kelas 5, sekolah kami mengadakan tes IQ. Waktu itu skor saya adalah yang tertinggi jauh melampaui teman yang peringkat pertama. Hal ini menyadarkan saya bahwa sebenarnya saya memiliki potensi dan meningkatkan kepercayaan diri saya. Namun, harga diri saya kembali jatuh ketika memasuki jenjang SMA. Waktu itu, SMA saya adalah sekolah yang dianggap favorit. Saya kesulitan menyesuaikan diri dalam pergaulan dan hanya bisa menjadi follower. Banyak hal yang ingin saya kerjakan namun tidak saya kerjakan karena rasa minder, takut, dan tidak percaya diri. Namun, peristiwa negatif ini membawa dampak positif pada diri saya yang sekarang. Meski takut, saya tetap mengerjakan apa yang ingin saya kerjakan. Saya tidak ingin menjadi pecundang. Saya tidak ingin memiliki penyesalan di masa depan.

 

2.      Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?

Jawab:

Guru adalah orang yang benar-benar bisa menjadi teladan di saat anak kekurangan figure yang bisa dijadikan panutan. Pujian sederhana dari guru membuat anak lebih percaya diri dan tidak mudah jatuh. Guru adalah orang tua kedua, orang tua yang bisa dipercayai dan bisa diandalkan, yang menuntun anak menjadi orang yang lebih baik. Guru adalah matahari yang memberikan cahaya dan kehangatannya terutama bagi anak yang merindukan kasih sayang. Senyum guru, ilmu yang diajarkan, nasihat, dan motivasinya tidak akan pernah terlupa. Guru berperan besar dalam membentuk pribadi anak.

 

3.   Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna.

Jawab:

Guru adalah penuntun yang membantu murid belajar dengan penuh makna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan