Aksi Nyata Modul 1.1

Pembelajaran yang Berpihak pada Siswa

 

 

A.      Latar Belakang

Setelah mempelajari filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara, saya sadar bahwa siswa memiliki kodrat alam dan kodrat zaman. Pembelajaran bukan sekedar menyampaikan materi yang ada di buku. Peran guru adalah sebagai “pamong”. Dengan adanya sistem among ini, maka anak merdeka untuk mengembangkan bakatnya, tumbuh secara leluasa sesuai kodratnya. Siswa adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Tugas guru adalah memberikan teladan yang baik (ing ngarsa sung tuladha), memotivasi dan membangun cita-cita (ing madya mangun karsa), dan mendukung peserta didik agar berjalan ke arah yang baik (tut wuri handayani).

Di kelas, saya berusaha menerapkan pemikiran KHD dengan memberikan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Pembelajaran yang berpihak kepada siswa menurut saya adalah pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, tidak memberatkan, namun mampu memfasilitasi mereka untuk berkembang. Pembelajaran harus memberikan ruang bagi siswa untuk berkreasi sesuai dengan minat dan bakat mereka (kodrat alam). Pembelajaran yang diberikan hendaknya juga mampu meningkatkan literasi dan kompetensi abad 21 (kodrat zaman), namun tidak menjauhkan mereka dari kearifan lokal dan lingkungan alam di sekitar.

 

B.       Aplikasi

Pembelajaran saya rancang dan laksanakan untuk mendukung perkembangan anak sesuai dengan kodrat alam dan zamannya. Berikut ini beberapa contoh yang dapat saya berikan.

  

1.    Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang dipadukan dengan Cooperative Learning

Melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education yang dipadukan dengan Cooperative Learning, ditemukan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

 







2.  Pembelajaran Tematik yang Memberikan Kemerdekaan Bagi Siswa untuk Berkreasi dan Mengomunikasikan Hasil Karya

Pada materi reklame, siswa diberikan kebebasan memilih untuk membuat reklame visual, audio, atau audio visual. Masing-masing siswa mempresentasikan hasil karyanya. Karya yang berbentuk video ditampilkan dengan menggunakan proyektor. Penugasan ini tidak hanya membuat mereka paham tentang jenis-jenis reklame namun juga meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Mereka juga berlatih untuk mengomunikasikan ide yang merupakan salah satu keterampilan penting di abad ke-21.

 





3.      Pemberian Tugas yang Mendekatkan Peserta Didik pada Alam

Pada saat mempelajari materi tentang makhluk hidup, ditemukan bahwa banyak siswa yang kurang memperhatikan tumbuhan yang ada di sekitar dan belum mengetahui nama-namanya. Oleh karena itu, siswa diberikan tugas untuk menjelaskan tentang tumbuhan yang ada di sekitar, nama latinnya, dan manfaat dari tumbuhan tersebut. Tugas dikumpulkan dalam bentuk video.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan