Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) PPKn Kelas 6
Halo sobat guru, soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) PPKn Kelas 6 di bawah ini adalah soal yang pernah saya susun untuk PAT Kabupaten Sragen dan sudah diujikan pada tahun pelajaran 2018/2019. Soal terdiri dari pilihan ganda, isian, dan uraian. KD yang diujikan diambil dari KD Tema 6, Tema 7, Tema 8, dan Tema 9 yang meliputi:
- Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (3.1)
- Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. (3.2)
- Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. (3.4)
I. Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di
depan jawaban yang paling benar!
1. Ideologi
dasar negara Indonesia adalah ....
a. UUD
1945
b. Bhinneka
Tunggal Ika
c. Pancasila
d. Negara
Kesatuan Republik Indonesia
2. Rumusan
Pancasila terdapat pada pembukaan UUD 1945 paragraf ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
3. Contoh
penerapan sila pertama Pancasila yaitu ....
a. tidak
membeda-bedakan teman berdasarkan suku, agama, dan ras
b. membina
kerukunan hidup di antara sesama umat beragama
c. tidak
memaksakan kehendak pada orang lain
d. menghargai
hasil karya orang lain
4. Bacalah
paragraf berikut!
Bukan hanya memikirkan kesejahteraan
warganya, pamanku juga selalu bermusyawarah
dengan warga sebelum menentukan kebijakan. Aku ingat, pernah sekali waktu
sekelompok investor datang menemui paman. Mereka ingin membangun toko swalayan
di desa. Sebagai lurah, paman dapat saja langsung menyetujui, tetapi paman
justru mengumpulkan warga untuk berdiskusi. Dikemukakannya dampak positif dan
negatif jika ada toko swalayan di desa mereka.
(Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan)
Tokoh
pemimpin pada cerita di atas menunjukkan pengamalan Pancasila yaitu sila ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
5.
Keputusan yang diambil dari
hasil musyawarah harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada ....
a. Tuhan
Yang Maha Esa
b. diri
sendiri
c. semua
orang
d. bangsa
dan negara
6. Bacalah
paragraf berikut!
“Sekolah saya adalah sekolah yang murid
maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya
adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga
berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan
lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari Indonesia
Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal dari
timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan murid-muridnya
yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga belajar banyak dari budaya
teman-teman saya yang sangat beragam.”
(Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan)
Nilai
Pancasila yang terdapat pada penggalan cerita di atas adalah ....
a. persatuan
b. kemanusiaan
c. kerakyatan
d. keadilan
7. Mengakui
persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban setiap manusia merupakan salah
satu nilai yang terkandung pada Pancasila sila ....
a. Ketuhanan
Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan
yang adil dan beradab
c. Persatuan
Indonesia
d. Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
8. Bacalah
paragraf berikut!
Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia
menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang.
“Ssstt.Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat
jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.
(Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan)
Nilai
yang dilanggar oleh tokoh Gugut pada penggalan cerita di atas adalah nilai ....
a. kesopanan
b. kesetiakawanan
c. kejujuran
d. keadilan
9. Seorang
pemimpin harus memiliki jiwa ....
a. nasionalis
b. individualis
c. liberalis
d. chauvinis
10. Salah
satu nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila adalah ....
a. menjaga
keseimbangan antara hak dan kewajiban
b. mengembangkan
sikap tenggang rasa
c. bangga
sebagai Bangsa Indonesia
d. tidak
memaksakan kehendak kepada orang lain
11. Salah
satu kewajiban warga negara Indonesia adalah ....
a. menggunakan
sarana umum
b. mengikuti
pendidikan dasar
c. mendapatkan
perlindungan hukum
d. mendapat
pekerjaan dan penghidupan yang layak
12. Berikut
merupakan upaya-upaya positif untuk mengisi kemerdekaan, kecuali ....
a. belajar
dengan sungguh-sungguh
b. rajin
beribadah sesuai agama
c. mengusir
penjajah dari Indonesia
d. bekerja
keras untuk membangun negara
13. Sikap
peduli terhadap lingkungan alam dapat diwujudkan dengan cara ....
a. menolong
korban bencana alam
b. menyisihkan
uang untuk orang yang kurang mampu
c. berbagi
bekal makanan dengan teman
d. menghemat
penggunaan air
14. Menjaga
kesehatan dengan memperhatikan pola makan sehat adalah contoh kewajiban
terhadap ....
a. diri
sendiri
b. orang
tua
c. keluarga
d. masyarakat
15. Bacalah
paragraf berikut!
Minggu siang Siti ikut ibunya ke balai desa.
Ibu Siti bersama-sama ibu-ibu PKK lainnya hendak mengikuti pelatihan membatik.
Pelatihan membatik diprogramkan oleh pemerintah desa tempat tinggal Siti.
Pelatihan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
desa.
(Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan)
Program pemerintah seperti
terdapat pada penggalan cerita di atas merupakan salah satu upaya untuk
memenuhi hak warga negara, yaitu hak untuk ....
a. mendapatkan
jaminan keadilan sosial
b. memperoleh
pekerjaan dan penghidupan layak
c. berkumpul
dan mengeluarkan pendapat
d. mendapatkan
perlindungan hukum
16. Melestarikan
budaya bangsa merupakan perilaku yang mencerminkan sikap ....
a. cinta
tanah air
b. rela
berkorban
c. membina
persatuan
d. taat
hukum
17. Mengemukakan
pendapat dalam pemilu merupakan salah satu hak warga negara dalam bidang ....
a. sosial
b. ekonomi
c. politik
d. budaya
18. Kesadaran
manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak
disengaja disebut ....
a. hak
b. kewajiban
c. harga
diri
d. tanggung
jawab
19. Berikut
merupakan upaya untuk membangun masyarakat yang sejahtera, kecuali ....
a. mengembangkan
sikap toleransi
b. menyeragamkan
perbedaan yang ada
c. memperbaiki
fasilitas umum
d. memperbanyak
lapangan kerja
20. Undang
Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara
Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Pernyataan tersebut
tercantum dalam pasal ....
a. 27
ayat (1)
b. 27
ayat (2)
c. 29
ayat (2)
d. 30
ayat (1)
21.
Salah satu hak anak adalah hak
untuk berpartisipasi. Yang dimaksud hak berpartisipasi yaitu ....
a. Hak
mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual,
moral, dan sosial.
b. Hak
untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan memperoleh standar kesehatan
tertinggi.
c. Hak
untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak.
d. Hak
untuk mendapatkan perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan
keterlantaran.
22. Pasal
28E ayat 1 UUD 1945 menjamin hak-hak warga negara sebagai berikut, kecuali ....
a. memilih
tempat tinggal di wilayah negara
b. memilih
pendidikan dan pengajaran
c. memeluk
agama dan beribadat menurut agamanya
d. mengembangkan
diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya
23. Pelaksanaan
kewajiban warga negara yang sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan negara
adalah kewajiban ....
a. membayar
pajak tepat waktu
b. menaati
tata tertib lalu lintas
c. menghormati
hak asasi orang lain
d. menaati
hukum dan pemerintahan
24. Indonesia
adalah Negara Kesatuan yang berbentuk ....
a. Federasi
b. Republik
c. Serikat
d. Monarki
25. Mempertahankan
dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa merupakan tanggung jawab ....
a. pendiri
bangsa
b. semua
pemuda Indonesia
c. pemerintah
pusat
d. setiap
warga negara
26.
Hal-hal berikut harus
diperhatikan dalam pengambilan keputusan bersama, kecuali ....
a. memahami
mengenai apa dan tujuan keputusan bersama yang akan diambil
b. saling
memahami dan menghargai pendapat orang lain
c.
menerima masukan dalam
bentuk kritik, usul, dan saran dari peserta lain
d. memaksakan
kehendak jika dirasa pendapatnya yang paling benar
27. Pekerjaan
akan terasa ringan dan lebih cepat selesai dengan adanya ....
a. kerja
keras
b. ketekunan
c. kerja
sama
d. kedisiplinan
28. Berikut
merupakan upaya-upaya dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, kecuali ....
a. membina keselarasan
dalam berbagai lingkungan kehidupan
b. saling
mengasihi dan memberi antar sesama
c. menonjolkan
perbedaan dan mengabaikan kesamaan
d. mengedepankan
musyawarah untuk mengambil keputusan
29. Cara
pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila
dan UUD 1945
disebut ....
a. wawasan
nusantara
b. Bhinneka
Tunggal Ika
c. nasionalisme
Indonesia
d. persatuan
pembangunan
30.
Kehidupan pribadi menjadi
damai dan tentram karena dapat hidup di antara orang lain dengan sikap saling
menghargai. Hal ini merupakan contoh pentingnya persatuan dan kesatuan bagi
....
a. diri
sendiri
b. masyarakat
c. bangsa
d. negara
31. Berikut
merupakan faktor-faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa, kecuali ....
a. pembangunan
yang tidak merata
b. berkembangnya
sikap patriotisme
c. kondisi
Geografis berbentuk kepulauan
d. keragaman
masyarakat Indonesia
32. “Tiap-tiap
warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan
negara” merupakan bunyi UUD 1945 pasal ....
a. 27
ayat (1)
b. 29
ayat (2)
c. 30
ayat (1)
d. 31
ayat (1)
33. Pada
Garuda Pancasila, persatuan dan kesatuan dilambangkan dengan ....
a. cahaya
berbentuk bintang
b. tali
rantai bermata bulatan dan persegi
c. padi
dan kapas
d. pohon
beringin
34. Sikap-sikap
berikut mendorong terwujudnya persatuan dan kesatuan, kecuali ....
a. toleransi
antarumat beragama
b. saling
mengasihi dan memberi
c. mengutamakan
kepentingan pribadi
d. tidak
menonjolkan perbedaan yang ada
35. Salah
satu cara untuk menjaga keutuhan NKRI adalah dengan ....
a. belajar
sungguh-sungguh
b. bekerja
keras untuk mencapai cita-cita
c. tidak
melanggar hak orang lain
d. mengembangkan
potensi diri
II. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
36.
Tidak bersifat boros dan
suka bekerja keras adalah sikap yang menunjukkan pengamalan Pancasila sila ....
37.
Hari lahirnya Pancasila
diperingati setiap tanggal ....
38.
Pancasila sila kedua
mengharuskan kita untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai ....
39.
Sesuatu yang harus
dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab disebut ....
40.
Landasan konstitusional negara Indonesia adalah ....
41.
Untuk mewujudkan masyarakat
sejahtera, salah satu kewajiban warga negara adalah membayar ....
42.
Hak-hak dasar yang dimiliki
setiap pribadi manusia sebagai anugerah Tuhan yang dibawa sejak lahir disebut
....
43.
Semboyan bangsa Indonesia
adalah ....
44.
Persatuan dan kesatuan
merupakan syarat mutlak berdirinya ....
45.
Salah satu prinsip
persatuan dan kesatuan bangsa adalah prinsip kebebasan yang ....
III. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
46. Sebutkan 3 contoh
penerapan nilai-nilai sila ketiga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab : .........................................................................................................................
47. Upaya apa saja yang
dapat dilakukan warga negara sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap
kelestarian lingkungan hidup?
Jawab : .........................................................................................................................
48. Apa saja
kewajibanmu sebagai seorang pelajar di sekolah?
Jawab : .........................................................................................................................
49. Gotong royong
merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia. Apa saja manfaat dari budaya
ini?
Jawab : .........................................................................................................................
50. Jelaskan makna dari
semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”!
Jawab : .........................................................................................................................
---Selamat mengerjakan!---
Komentar
Posting Komentar