Kisi-kisi dan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Bahasa Indonesia Kelas 6
- Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca. (3.3)
- Memperkirakan informasi yang dapat diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya berdasarkan membaca judulnya saja). (3.7)
- Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi. (3.8)
- Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi. (3.9)
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang
paling benar!
1. Tasya mewakili teman-teman kelas 6, menyampaikan “Hari ini kita
berkumpul untuk merayakan perpisahan.
Pertama-tama, saya berterima kasih kepada para guru yang
telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya dalam enam tahun terakhir. Semoga Allah selalu
menghargai jasa bapak dan ibu guru sekalian.”
Pembicara pada pidato
di atas adalah ....
a. Tasya
b. guru
c. wali siswa
d. kelas 6
2. “Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih bisa
memperingati dan memaknai Hari Anak Nasional tahun ini.”
Penggalan pidato di
atas merupakan bagian ... pidato.
a. salam
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup
3. “Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah
perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian
pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.”
Penggalan pidato di
atas merupakan bagian ... pidato.
a. salam
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup
4.
“Saya mengucapkan
turut berbela sungkawa atas kepergian beliau. Semoga segala amal ibadah yang beliau
lakukan selama hidup dapat diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang
ditinggalkan diberi ketabahan.”
Pidato di atas
disampaikan dalam suasana ....
a. bahagia
b. mengharukan
c. membanggakan
d. berduka
5. Bagian pidato yang berisikan
pembahasan topik secara lengkap, dengan kalimat ajakan untuk mengajak pendengar
melakukan sesuatu disebut ....
a. pendahuluan
b. inti
c. penutup
d. keterangan
6. Bagian pidato yang berisi
kalimat sapaan, seperti selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan
sebagainya termasuk dalam bagian ... pidato.
a. salam pembuka
b. pendahuluan
c. inti
d. penutup
7. Penyampaian rangkuman atau
intisari topik yang telah disampaikan terdapat pada bagian ....
a. pendahuluan
b. inti
c. penutup
d. salam penutup
8. “Saya telah mengalami dan
merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah yang
murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya
adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga
berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan
lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain.”
(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 7: Kepemimpinan, Kemdikbud 2018)
Tema pidato di atas
adalah ....
a. musyawarah
b. perbedaan
c. persatuan
d. perjuangan
9. Berikut merupakan tujuan
pidato, kecuali ....
a. memberikan pemahaman atau informasi penting yang harus diketahui oleh
khalayak
b. meyakinkan pendengar dengan menggunakan cara yang argumentatif
c. agar orang lain merasa senang dengan bahasan yang menghibur atau
rekreatif
d. memberikan pengaruh agar orang lain tidak bersedia mengikuti kemauan orator
10. Metode penyampaian pidato tanpa persiapan naskah, catatan
kecil, atau menghafal sebelumnya disebut metode ....
a. membaca naskah
b. memoriter
c. spontan
d. ekstemporan
11. Salah satu ciri pidato yang
baik adalah ....
a. memiliki tujuan yang jelas dan positif
b. menggunakan bahasa yang penuh makna
c. menggunakan kosakata yang jarang digunakan
d. isi atau materi pidato sangat
luas.
12. Kata-kata penting yang
mewakili isi atau informasi dari sebuah bacaan disebut ....
a. kata utama
b. kata kunci
c. kalimat utama
d. ide pokok
13. Sampah organik adalah sampah
yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan
hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami.
Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak
akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap.
Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di
halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori
dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut
akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.
(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera, Kemdikbud
2018)
Kata kunci paragraf di atas adalah ....
a. makhluk hidup
b. tumbuhan dan hewan
c. lubang biopori
d. sampah organik
14. Peduli lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak
terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di
Abu Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60
telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan
apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan kecil bisa
berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di kelas 6 sekolah dasar itu.
(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera, Kemdikbud
2018)
Informasi yang dapat
diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci yaitu ....
a. Peduli lingkungan bisa dilakukan juga oleh anak-anak.
b. Flavian telah mengumpulkan
banyak koran bekas dan telepon genggam.
c. Kita semua harus bisa
melakukan apa saja untuk menjaga lingkungan.
d. Sebuah perbuatan kecil bisa
berdampak besar bagi lingkungan.
15. Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk
menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar
tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk
seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu
pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak
mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang
disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non
verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Pidato)
Judul yang tepat
untuk teks di atas yaitu ....
a. Jenis-jenis Pidato
b. Pengertian Pidato
c. Tujuan Pidato
d. Manfaat Pidato
16. Bentuk-bentuk pelaksanaan
tanggung jawab sebagai warga negara dapat kita temui dalam kehidupan
sehari-hari, di antaranya melaksanakan kewajiban membayar pajak dan ikut
berpartisipasi dalam kegiatan upacara bendera. Tertib membayar pajak berarti
melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara. Mengikuti kegiatan upacara
bendera dengan khidmat berarti mencintai dan menghargai negara. Selain itu
pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara juga dapat diwujudkan dengan
menjadi pelajar yang rajin, pintar, dan berprestasi sehingga dapat mengharumkan
nama bangsa. Melestarikan warisan budaya bangsa dengan lebih mencintai budaya
leluhur dan mempertahankannya agar tidak tersingkir oleh budaya asing juga
merupakan wujud pelaksanaan tanggung jawab warga negara.
(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera, Kemdikbud
2018)
Gagasan utama paragraf di atas terletak di ... paragraf.
a. awal
b. tengah
c. akhir
d. awal dan akhir
17. Berkembangnya ilmu pengetahuan
dan teknologi mempengaruhi kehidupan masyarakat. Teknologi industri yang
semakin maju dapat melipatgandakan hasil produksi dengan cepat dan dengan
kualitas yang tinggi. Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu
pendistribusian barang hasil produksi sehingga barang dapat tersedia di mana
saja dan kapan saja.
(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar, Kemdikbud 2018)
Informasi penting yang dapat diambil dari paragraf di atas yaitu ....
a. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
mempengaruhi kehidupan masyarakat.
b. Teknologi industri yang semakin maju dapat
melipatgandakan hasil produksi.
c. Kemajuan teknologi membantu pendistribusian barang
hasil produksi.
d. Dengan kemajuan teknologi barang dapat tersedia di
mana saja dan kapan saja.
Bacalah paragraf berikut untuk
menjawab soal nomor 18 dan 19!
Berdasarkan tujuannya, terdapat dua jenis reklame yaitu reklame komersial
dan nonkomersial. Reklame komersial memiliki tujuan untuk mempromosikan suatu
produk, barang, jasa, dan sebagainya. Penggunaan reklame ini merupakan hal yang
sangat umum dalam bidang bisnis dan ekonomi. Reklame nonkomersial adalah
reklame yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berbagai
masalah, biasanya dibuat oleh pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
Contoh reklame nonkomersial adalah reklame berisi ajakan untuk taat membayar
pajak, tertib berlalu lintas, dan larangan membuang sampah sembarangan.
18. Pernyataan berikut sesuai dengan bacaan di atas, kecuali ....
a. Berdasarkan tujuannya terdapat
dua jenis reklame.
b. Reklame nonkomersial sangat
umum di bidang bisnis dan ekonomi.
c. Reklame nonkomersial biasanya dibuat oleh pemerintah
dan LSM.
d. Ajakan untuk tertib membayar pajak adalah contoh
reklame nonkomersial.
19. Simpulan yang dapat diambil
dari pargraf di atas yaitu ....
a. Reklame komersial memiliki tujuan untuk mempromosikan suatu produk,
barang, jasa, dan sebagainya.
b. Penggunaan reklame merupakan hal yang sangat umum dalam bidang bisnis
dan ekonomi.
c. Reklame nonkomersial adalah reklame yang ditujukan untuk meningkatkan
kesadaran masyarakat
d. Berdasarkan tujuannya, terdapat
dua jenis reklame yaitu reklame komersial dan nonkomersial.
20.
Kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama pada suatu paragraf disebut
....
a. kalimat utama
b. ide pokok
c. kalimat penjelas
d. kalimat pengembang
21. Karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat
berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang disebut karangan ....
a. realita
b. nonfiksi
c. fakta
d. fiksi
22. Contoh karangan fiksi yaitu
....
a. biografi
b. memoar
c. cerpen
d. jurnal
Bacalah penggalan cerita
berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 23, 24, dan 25!
“Deo tadi lomba balap sepeda dengan Arsyad ketika pulang sekolah, Bu.
Ketika kami sampai di jalan depan toko kelontong Pak Ahmad, jalanan agak ramai.
Lalu, aku melihat di situ ada trotoar yang landai dan sepi. Lalu aku naik dan
bersepeda di trotoar itu,” kata Deo sambil menunduk.
“Trotoar? Hmm... Kamu pasti tahu kalau trotoar diperuntukkan untuk pejalan
kaki, kan?” tanya ibu.
“Iya, Bu. Saat itu di trotoar terlihat sepi. Jadi tanpa pikir panjang Deo
naik ke trotoar itu supaya dapat mendahului Arsyad. Tetapi Deo tidak
memperhatikan ada sebuah batu besar di tengah trotoar itu. Tanpa sengaja Deo
menabrak batu besar itu dan jatuh terjerembab ke dalam got. Beuntung got itu
kering dan dangkal. Arsyad yang berada di belakangku pun segera menolong,”
cerita Deo masih dengan wajah menyesal.
(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar, Kemdikbud 2018)
23. Tokoh utama cerita di atas adalah ....
a. Deo
b. Ibu
c. Arsyad
d. Pak Ahmad
24. Pelajaran yang dapat diambil oleh
tokoh utama dari kejadian yang dialaminya yaitu ....
a. selalu mematuhi dan jangan melawan perintah ibu
b. harus berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas
c.
dengan teman harus
saling menolong
d. jangan pernah berbohong pada ibu
25. Pengalaman yang dialami tokoh
utama adalah pengalaman yang ....
a. mengharukan
b. menyenangkan
c. menyedihkan
d. membanggakan
26.
Tokoh yang memiliki sikap atau karakter baik dalam cerita fiksi disebut
....
a. protagonis
b. antagonis
c. tritagonis
d. figuran
Bacalah penggalan cerita
berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 27, 28, dan 29!
Dahulu, ada seorang pencari kayu bakar bernama Dheda. Dia hidup bersama
istri dan ketiga anaknya. Mereka keluarga miskin yang tinggal di gubuk
sederhana.
Sudah seminggu ini, setiap hari turun hujan. Dheda pun tidak bisa pergi ke
hutan mencari kayu bakar.
Istri Dheda berkata, “Suamiku, persediaan makanan kita hampir habis. Di
sini, hanya tersisa lima butir kentang. Itu pun tidak cukup untuk makan kita
sekeluarga.”
“Aku tahu. Bersabarlah, semoga besok tidak hujan dan aku bisa pergi bekerja.
Sisa kentang yang ada biarlah untuk makan anak-anak saja,” kata Dheda.
Menjelang sore, ada seseorang yang mengetuk pintu rumah Dheda. Setelah
dibuka, ternyata ada seorang pengemis tua. Dia basah kuyup kehujanan.
“Aku sudah berhari-hari kehujanan. Aku juga kedinginan dan kelaparan.
Bolehkah aku minta sedikit makanan?” tanyanya.
Dheda kasihan melihat si pengemis. Tapi, dia juga tidak mempunyai banyak
makanan. Setelah berpikir, akhirnya Dheda memberikan sisa makanan yang dia
punya.
“Istriku, tolong berikan lima butir kentang itu pada si pengemis. Aku
sangat kasihan melihatnya,” kata Dheda.
“Baiklah, aku akan memasaknya dulu,” kata istri Dheda.
Setelah matang, kentang pun dihidangkan. Si pengemis makan empat butir
kentang. Kini, kentang yang tersisa tinggal satu. Sebelum pergi dia berpesan,
“Jika kalian mau makan, irislah kentang ini menjadi lima. Pasti cukup untuk
makan keluargamu.”
Dheda kemudian mengiris kentang itu menjadi lima. Ternyata, kelima irisan
kentang itu berubah menjadi lima butir kentang. Jika sebutir kentang diiris
lima lagi, maka tiap irisannya akan menjadi lima butir kentang lagi. Begitu
seterusnya.
Kini, Dheda dan keluarganya tidak pernah kekurangan makanan lagi. Dheda
juga membagi-bagikan kentangnya pada tetangganya.
(dongengceritarakyat.com/cerpen-anak-singkat-dheda-dan-lima-butir-kentang/)
27. Tokoh utama pada cerita di atas adalah ....
a. pengemis tua
b. Dheda
c. istri Dheda
d. anak-anak Dheda
28. Sikap yang paling menonjol dari tokoh utama pada
cerita di atas yaitu ....
a. kerja keras
b. rendah hati
c. jujur
d. dermawan
29. Amanat yang bisa kita ambil
dari cerita di atas yaitu ....
a. Bantulah orang lain untuk mendapatkan keuntungan.
b. Dengan berbagi, kita akan mendapat kebahagiaan.
c. Jangan pernah berbohong kepada orang lain.
d. Dengan bekerja keras, kita akan menjadi orang kaya.
30. Berikut merupakan ciri-ciri
cerita fiksi, kecuali ....
a. sifatnya rekaan atau imajinasi dari pengarang
b. tidak memiliki sistematika
yang baku
c. umumnya menyasar emosi
pembaca, bukan logika
d. tidak terdapat pesan moral atau amanat tertentu
31.
Karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan
seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat
pelaku disebut ....
a. cerpen
b. cergam
c. novel
d. legenda
32.
Gagasan atau ide dasar yang menjadi landasan suatu karya sastra yang
terkandung dalam teks disebut ....
a. tema
b. alur
c. plot
d. konflik
Bacalah penggalan cerita
berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 33, 34, dan 35!
Penduduk di suatu kota di salah satu negara di timur tengah sedang gempar.
Pasalnya Abu Nawas mengatakan bahwa dirinya mau terbang. Hal itu tentu membuat
sebagian orang percaya, tapi sebagian lagi tidak.
Berita tersebut cepat sekali menyebar hingga sampai ke telinga Raja. Untuk
memastikan kebenaran berita tersebut, Raja kemudian memanggil Abu Nawas.
Setelah sampai di istana, Raja pun berkata pad Abu Nawas, “Apakah benar kau
mau terbang, Abu? Berita kau mau terbang sangat heboh, bahkan hingga ke luar
negeri.” Dengan lugas ia menajwab dan mengatakan memang dia mau terbang.
Lalu Raja menyuruh para prajurit untuk mengumumkannya kepada rakyat. Apabila
Abu Nawas terbukti berbohong, maka ia akan dihukum mati.
Keesokan harinya, semua warga berkumpul ingin menyaksikan Abu Nawas
terbang. Ia kemudian naik ke atas bangunan paling tinggi. Sesampainya di atap,
ia mengepak-ngepakkan tangannya seperti mau terbang.
Penduduk pun mulai jengkel karena Abu tidak terbang seperti apa yang mereka
pikirkan tetapi hanya seperti mau terbang. Raja pun juga ikut marah karena hal
tersebut. Kemudian Abu Nawas meluruskan bahwa ia benar-benar tidak berbohong.
Abu Nawas memang mengatakan bahwa ia mau terbang, bukannya ia bisa terbang.
Mendengar hal itu Raja tidak jadi menghukum Abu karena apa yang dikatakan
memang benar adanya dan tidak berbohong.
(https://www.posbunda.com/hiburan/cerita-pendek-untuk-anak/)
33. Tokoh utama pada cerita di
atas adalah ....
a. Raja
b. prajurit
c. Abu Nawas
d. penduduk
34. Karakter Abu Nawas pada cerita di atas adalah ....
a. suka berbohong
b. jenaka dan banyak akal
c. jujur dan rendah hati
d. pemarah
35. Amanat yang dapat diambil dari cerita di atas yaitu ....
a. Jangan pernah membohongi orang lain, apalagi raja.
b. Berkatalah dengan jujur agar disukai oleh orang lain.
c. Berhati-hatilah dalam menyimpulkan perkataan orang lain.
d. Orang yang tidak jujur akan mendapat hukuman.
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
36.
Pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengungkapkan
pikiran, ide, maupun gagasan secara ....
37.
Orang yang ahli berpidato disebut ....
38.
Simpulan dan harapan atas apa yang disampaikan oleh pembicara terdapat pada
bagian ... pidato.
39.
Kata-kata penting yang dapat mewakili isi suatu teks dan biasanya terdapat
pada judul teks disebut ....
40.
Gagasan yang
menjadi dasar pengembangan suatu paragraf sering disebut ....
41. Kalimat yang biasanya bersifat umum dan memuat keseluruhan
isi dalam suatu paragraf disebut ....
42. Karangan nonfiksi adalah tulisan yang dibuat
berdasarkan ....
43.
Cerpen, roman, mite, dan fabel adalah contoh karangan ....
44.
Tokoh dalam karya sastra yang merupakan penentang dari tokoh utama disebut tokoh ....
45.
Pemberian sifat baik lahir maupun batin pada seorang pelaku atau tokoh
yang terdapat pada cerita disebut ....
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
46.
Bagaimana langkah-langkah menyusun pidato yang baik?
Jawab : .........................................................................................................................
47.
Apa saja
yang perlu diperhatikan saat berpidato?
Jawab : .........................................................................................................................
48. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan
suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang
sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku
yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan,
dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.
Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri
atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan
pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen
sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace).
(https://id.wikipedia.org/wiki/Daur_ulang)
Tentukan satu kata
kunci yang paling mewakili isi paragraf di atas!
Jawab : .........................................................................................................................
49. Jahe merah memiliki khasiat untuk meredakan
berbagai penyakit. Kandungan flavonoid memiliki sifat anti peradangan sehingga
efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan. Konsumsi jahe merah juga dapat
menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit
kolesterol tinggi. Kandungan kamfena, cita rasa pedas, serta efek menghangatkan
pada tubuh, menjadikan jahe merah efektif untuk dijadikan penawar saat sakit
kepala menyerang.
Apa gagasan utama
paragraf di atas?
Jawab : .........................................................................................................................
50.
Bacalah
penggalan cerita berikut!
Badu
terlihat asyik membaca buku tersebut hingga tidak menyadari jika kakek tadi
memperhatikannya. “Kamu tidak sekolah, nak?” tanya si kakek lagi. Dengan raut
sedikit sedih ia menjawab kalau dia tidak mempunyai uang untuk sekolah. Buku
yang ia baca pun hanya pinjaman temannya.
Badu juga bercerita kepada kakek kalau ia ingin
sukses suatu hari nanti sehingga bisa membahagiakan ibunya. Melihatnya yang
tetap semangat belajar dan tidak menyerah pada keadaan membuat kakek tersebut
terharu. Lalu kakek itu pun berkata,”Tetaplah giat belajar ya, nak. Ketekunanmu
akan membuahkan hasil dan kamu pasti akan menjadi orang yang sukses.”
(https://www.posbunda.com/hiburan/cerita-pendek-untuk-anak/)
Jelaskan karakter tokoh utama pada cerita di atas!
Jawab : .........................................................................................................................
---Selamat mengerjakan!---
Assalamualikum ibu mohon maaf mau tanya kalo untúk jawaban soal PAT bhs indonesianya yang mana ya bu?
BalasHapusTerima kasih sebelumnya
Email saja ke allynce89@gmail.com Bu. Insya Allah akan sy kirimkan kuncinya. Mohon maaf sengaja tdk sy upload spya bs untuk belajar anak2 secara mandiri.
Hapus