2.1.a.10. Aksi Nyata - Modul 2.1

PRAKTIK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 

A.     Latar Belakang

Setiap anak memiliki kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Kebutuhan belajar murid sesuai dengan kesiapan  (readiness), minat, dan profil belajarnya masing-masing. Murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar), memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri seorang murid (minat), dan jika tugas itu memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai (profil belajar).

Kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda dapat dipenuhi melalui pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Diferensiasi yang dapat dilakukan meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk.

 

B.    Penerapan

Praktik pembelajaran yang saya lakukan menggunakan strategi diferensiasi proses. Menyimak video dan membaca teks adalah metode pembelajaran untuk memfasilitasi murid dengan gaya belajar visual, praktik langsung untuk murid dengan gaya belajar kinestetik, dan tanya jawab/diskusi untuk murid dengan gaya belajar auditory.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan