2.1.a.10. Aksi Nyata - Modul 2.1
PRAKTIK PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI
A. Latar
Belakang
Setiap anak memiliki
kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Kebutuhan belajar murid sesuai dengan kesiapan (readiness), minat, dan profil belajarnya
masing-masing. Murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas
yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki
sebelumnya (kesiapan belajar), memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri
seorang murid (minat), dan jika tugas itu memberikan kesempatan bagi mereka
untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai (profil belajar).
Kebutuhan belajar murid
yang berbeda-beda dapat dipenuhi melalui pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran
berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense)
yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Diferensiasi yang
dapat dilakukan meliputi diferensiasi konten, proses, dan produk.
B. Penerapan
Praktik pembelajaran yang saya lakukan menggunakan strategi diferensiasi proses. Menyimak video dan membaca teks adalah metode pembelajaran untuk memfasilitasi murid dengan gaya belajar visual, praktik langsung untuk murid dengan gaya belajar kinestetik, dan tanya jawab/diskusi untuk murid dengan gaya belajar auditory.
Komentar
Posting Komentar