3.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

4.  Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?

Jawab:

Sebelum mempelajari modul ini, saya sering membuat keputusan secara spontan berdasarkan apa yang saya ketahui dan saya anggap baik. Setelah mempelajari modul ini, saya memahami bahwa ternyata banyak aspek yang harus dipertimbangkan dalam sebuah pengambilan keputusan. Selama ini saya hanya berpikir bahwa mengambil keputusan yang benar harus sesuai dengan peraturan. Namun, ternyata ada yang namanya bujukan moral dan dilema etika. Dalam dilema etika bisa saja seorang guru mengambil keputusan yang sedikit bertentangan dengan peraturan namun keputusan tersebut merupakan keputusan yang bijak dan dapat dipertanggungjawabkan.

Setelah mempelajari modul ini, saya belum menghadapi situasi bujukan moral atau pun dilema etika sehingga saya belum dapat menerapkan 9 langkah pengambilan keputusan. Namun, jika nanti saya menemui situasi yang mengharuskan saya mengambil sebuah keputusan, saya akan menerapkan apa yang telah saya pelajari di modul ini.

5.  Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran?

Jawab:

Setiap hari manusia dihadapkan pada pengambilan keputusan. Bahkan sejak bangun tidur sampai tidur lagi kita harus selalu mengambil keputusan, meskipun mungkin keputusan-keputusan tersebut sederhana, misalnya setelah bangun tidur apakah mau mandi dulu atau sholat dulu. Pengambilan-pengambilan keputusan tersebut berlangsung setiap saat, bahkan mungkin tanpa disadari dan berjalan secara alami.

Terkadang sebagai individu, saya dihadapkan pada situasi untuk dapat mengambil keputusan yang bijak. Topik pada modul ini membantu saya untuk melihat permasalahan secara lebih objektif dan lebih detail dari berbagai sudut pandang. Saya berharap setiap hari dapat membuat keputusan yang lebih baik. Karena keputusan sederhana yang saya ambil hari ini akan berpengaruh besar terhadap hari-hari yang akan saya lalui dan bahkan mungkin masa depan saya.

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, materi pada modul ini sangat-sangat penting bagi saya. Saya adalah seorang kepala sekolah yang dituntut untuk mengambil keputusan terbaik. Apa yang saya pelajari di modul ini akan saya terapkan dalam pengambilan keputusan di sekolah saya.

6.   Apa yang Anda bisa lakukan untuk membuat dampak/perbedaan di lingkungan Anda setelah Anda mempelajari modul ini?

Jawab:

Setelah mempelajari modul ini saya berharap dapat mengambil keputusan-keputusan yang bijak dan dapat membawa kemajuan bagi sekolah saya.

7.  Selain konsep-konsep tersebut, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?

Jawab:

Selain konsep-konsep tersebut, hal yang menurut saya penting untuk dipelajari adalah berkolaborasi dalam pengambilan keputusan yang akan berdampak bagi banyak pihak atau banyak orang. Misalnya jika masalah yang dihadapi terkait dengan kasus hukum, maka pengambil keputusan dapat berkonsultasi dengan orang yang memahami hukum. Contoh lain jika seorang kepala sekolah dihadapkan pada pengambilan keputusan terkait dengan masyarakat sekitar sekolah, kepala sekolah dapat menanyakan kepada guru yang memahami dengan baik masyarakat sekitar sekolah atau dapat bertanya kepada ketua RT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan