Contoh RPP Daring Berdiferensiasi (2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1)

RPP DARING BERDIFERENSIASI

 

Satuan Pendidikan   :  SD Negeri Pringanom 3

Tema                        :  8. Bumiku

Sub Tema                 :  1. Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Pembelajaran            :  1

Kelas/Semester         :  VI/2

Materi Pokok           :  Rotasi Bumi dan Dampaknya

Alokasi Waktu         :  5 x 35  menit

 

 

Pemetaan Kebutuhan Belajar

·      Berdasarkan Profil Belajar Siswa

No.

Gaya Belajar

Banyak Siswa

Diferensiasi Proses

1.

Visual

16

Menyimak Video

2.

Auditory

4

Berdiskusi

3.

Kinestetik

-

-

 

·      Berdasarkan Minat Belajar Siswa

No.

Minat

Banyak Siswa

Diferensiasi Produk

1.

Suka membuat video

5

Membuat video

2.

Suka menggambar

10

Membuat buklet

3.

Suka menulis

5

Membuat peta pikiran

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Melalui strategi diferensiasi proses (berdiskusi dan menyimak video), siswa mampu menjelaskan rotasi bumi dan dampaknya dengan tepat.

2.    Melalui diskusi, siswa dapat menemukan kata kunci setiap paragraf dan keseluruhan teks dengan tepat.

3.    Melalui strategi diferensiasi produk (membuat video, buklet, atau peta pikiran), siswa mampu menceritakan kembali peristiwa rotasi bumi dan akibatnya dengan percaya diri.

 

B.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Tahap

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

1.    Guru menyapa siswa di grup WA kelas.

2.    Guru mengirim link google meet melalui grup WA kelas dan meminta siswa segera bergabung.

3.    Guru memulai kelas dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran dan menanyakan kesiapan belajar.

4.    Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari siswa.

5.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti

1.      Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang akan dibahas pada tema.

·         Apa yang dapat kamu lakukan dan lihat ketika siang hari?

·         Apa yang dapat kamu lakukan dan lihat ketika malam hari?

·         Apa yang menyebabkan siang dan malam?

2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bergantian menjawab dan mendengarkan pendapat mereka. Guru kemudian memberikan pertanyaan lain.

Mengapa ada siang dan ada malam?

·         Apakah Matahari itu bergerak sehingga ia terbit dan tenggelam?

·         Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak?

·         Bagaimana jika tidak terjadi siang dan malam? Apa yang akan terjadi?

·         Apakah tiap tempat memiliki waktu siang dan malam yang sama atau berbeda? Mengapa?

3.      Guru memutarkan video tentang rotasi bumi https://www.youtube.com/watch?v=bsr8921INZ4

4.      Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang berhubungan dengan video yang diputar.

·         Apa yang dimaksud dengan rotasi?

·         Apa yang menyebabkan rotasi?

·         Apa pengaruh rotasi pada Bumi?

5.      Siswa secara bergantian memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut.

6.      Guru menampilkan teks bacaan tentang terjadinya siang dan malam dari Buku Siswa.

7.      Siswa diminta membaca bergantian masing-masing satu paragraf.

8.      Setiap satu paragraf selesai dibaca, siswa diminta untuk menuliskan kata kunci yang mereka temukan.

9.      Guru mengajak siswa mendiskusikan kata kunci setiap paragraf dan keseluruhan teks.

10.  Guru memberikan tugas untuk mendemonstrasikan pengetahuan yang telah diperoleh dengan beberapa pilihan:

·         Membuat video singkat yang menjelaskan tentang rotasi bumi dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi.

·         Membuat buklet yang berisi penjelasan tentang rotasi bumi dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi.

·         Membuat peta pikiran tentang rotasi bumi dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi.

11.  Guru menutup pembelajaran via Google Meet dan menyampaikan bahwa tugas tersebut dikumpulkan sore hari melalui grup WA kelas.

12.  Siswa yang membuat video dapat langsung dikirim, tugas buklet dan peta pikiran difoto dan dikirim di grup WA kelas.

13.  Siswa nomor urut 1 memberikan masukan kepada pekerjaan siswa nomor urut 2, dan seterusnya. Siswa nomor urut 20 memberikan masukan pada siswa nomor urut 1.

Penutup

1.      Guru memberikan umpan balik terhadap pekerjaan siswa secara klasikal

2.      Guru memberikan penilaian dan masukan secara pribadi melalui WA.

3.      Guru mengirim link Google Form berisi soal-soal tentang rotasi bumi dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi.

4.      Siswa mengerjakan soal evaluasi.

5.      Guru menutup pembelajaran dan berpesan agar siswa selalu menjaga kesehatan.

 

C.    PENILAIAN

       1.   Penilaian Sikap

            Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan. Fokus penilaian pada sikap percaya diri dan kerja sama.

 

            Format Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Peserta Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Penilaian Pengetahuan (Melalui Google Form)

Soal

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.      Perputaran bumi pada porosnya disebut ....

A.       revolusi

B.       presesi

C.       rotasi

D.       presisi

2.      Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali rotasi adalah ....

A.      1 jam

B.       24 jam

C.       72 jam

D.      1 minggu

3.      Perhatikan pernyataan berikut!

(1)      Gerak semu harian matahari

(2)      Terjadinya siang dan malam

(3)      Adanya perubahan musim di bumi

(4)      Perbedaan zona waktu di bumi

(5)      Perubahan lamanya waktu siang dan waktu malam

Akibat yang ditunjukkan oleh rotasi bumi terdapat pada nomor....

A.       (1), (2), dan (4)

B.       (2), (3), dan (4)

C.       (1), (3), dan (4)

D.       (2), (3), dan (5)

4.      Arah rotasi bumi yaitu ....

A.      dari utara ke selatan

B.       dari selatan ke utara

C.       dari timur ke barat

D.      dari barat ke timur

5.      Berikut ini merupakan pernyataan yang benar tentang rotasi bumi, kecuali ....

A.       Rotasi bumi mempengaruhi pembelokan arah angin.

B.       Jika dilihat dari utara, arah rotasi bumi melawan arah jarum jam.

C.       Rotasi bumi adalah perputaran bumi mengelilingi matahari.

D.       Rotasi bumi membuat matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.

6.      Akibat dari rotasi bumi yang sedikit miring 23,5° adalah ....

A.       perbedaan lamanya siang dan malam

B.       perbedaan zona waktu

C.       terjadinya siang dan malam

D.       perbedaan geografis

7.      Akibat rotasi bumi, bumi dibagi menjadi ... daerah waktu.

A.       3

B.       17

C.       24

D.       32

8.      Ketika bumi berotasi, bagian bumi yang tidak terkena cahaya matahari mengalami ....

A.       siang hari

B.       malam hari

C.       musim dingin

D.       musim gugur

9.      Yang merupakan manfaat dari rotasi bumi yaitu ....

A.       Bisa merasakan pergantian musim setiap tahun.

B.       Mempunyai sistem penanggalan Masehi.

C.       Bisa melihat berbagai jenis bentuk rasi bintang.

D.       Dapat menentukan waktu dengan bayangan diri.

10.  Rotasi bumi mengakibatkan adanya perbedaan percepatan gravitasi. Pernyataan yang tepat tentang hal tersebut adalah ....

A.      Percepatan gravitasi antara daerah satu dengan yang lain berbeda-beda.

B.       Percepatan gravitasi juga terjadi karena bentuk bumi bulat sempurna.

C.       Percepatan gravitasi khatulistiwa lebih besar dibandingkan di daerah kutub.

D.      Percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.

 

Kunci Jawaban

1.      C

2.      B

3.      A

4.      D

5.      C

6.      A

7.      C

8.      B

9.      D

10.  D

 

Pedoman Penilaian

Skor tiap nomor yang benar = 1

Nilai = skor perolehan/skor maksimal x 100

 

3.      Penilaian Keterampilan

Rubrik Penilaian Video

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Penguasaan Materi

Belum menguasai materi.

Menguasai satu dari tiga materi: (1) definisi rotasi, (2) dampak rotasi bumi, dan (3) manfaat rotasi bumi.

Menguasai dua dari tiga materi: (1) definisi rotasi, (2) dampak rotasi bumi, dan (3) manfaat rotasi bumi.

Menguasai tiga materi: (1) definisi rotasi, (2) dampak rotasi bumi, dan (3) manfaat rotasi bumi.

Penyampaian Materi

Materi disampaikan namun belum memenuhi aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi dengan lancar.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi dengan lancar.

Memenuhi tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi dengan lancar.

Kepercayaan Diri

Tidak percaya diri

Cukup percaya diri

Percaya diri

Sangat percaya diri

 

Rubrik Penilaian Buklet

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Isi/Teks

Isi teks belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) isi teks singkat, (2) padat akan informasi, dan (3) jelas keterbacannya.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) isi teks singkat, (2) padat akan informasi, dan (3) jelas keterbacannya.

Memenuhi tiga aspek: (1) isi teks singkat, (2) padat akan informasi, dan (3) jelas keterbacannya.

Desain

Desain belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen penyusun proporsional, dan (3) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen penyusun proporsional, dan (3) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian.

Memenuhi tiga aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen penyusun proporsional, dan (3) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian.

Gambar

Gambar belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) gambar menarik, (2) bermakna sebagai penyampai pesan, dan (3) orisinil.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) gambar menarik, (2) bermakna sebagai penyampai pesan, dan (3) orisinil.

Memenuhi tiga aspek: (1) gambar menarik, (2) bermakna sebagai penyampai pesan, dan (3) orisinil.

Tujuan Penyampaian Pesan

Pesan tidak dapat ditangkap pembaca.

Pesan sulit ditangkap pembaca.

Pesan mudah ditangkap pembaca.

Pesan sangat mudah ditangkap pembaca.

 

Rubrik Penilaian Peta Pikiran

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Isi/ Materi

Isi dan pengetahuan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

Memenuhi tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Penggunaan bahasa belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

Memenuhi tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

Keterampilan Penulisan

Keterampilan penulisan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

Memenuhi tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

 

Pedoman Penilaian

Nilai = skor perolehan/skor maksimal x 100

 

 

Mengetahui

Kepala SD Negeri Pringanom 3

 

 

Linda Nurmasari, M.Pd.

NIP 19891104 201101 2 005

Pringanom, 2 Maret 2022

 

Guru Kelas

 

 

Linda Nurmasari, M.Pd.

NIP 19891104 201101 2 005

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan