Contoh RPP Daring Berdiferensiasi (2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1)
RPP DARING BERDIFERENSIASI
Satuan
Pendidikan : SD Negeri Pringanom 3
Tema : 8. Bumiku
Sub Tema : 1. Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
Pembelajaran : 1
Kelas/Semester : VI/2
Materi
Pokok : Rotasi Bumi dan
Dampaknya
Alokasi
Waktu : 5 x 35 menit
Pemetaan Kebutuhan Belajar
·
Berdasarkan Profil Belajar Siswa
No. |
Gaya Belajar |
Banyak Siswa |
Diferensiasi Proses |
1. |
Visual |
16 |
Menyimak Video |
2. |
Auditory |
4 |
Berdiskusi |
3. |
Kinestetik |
- |
- |
·
Berdasarkan Minat Belajar Siswa
No. |
Minat |
Banyak Siswa |
Diferensiasi Produk |
1. |
Suka membuat video |
5 |
Membuat video |
2. |
Suka menggambar |
10 |
Membuat buklet |
3. |
Suka menulis |
5 |
Membuat peta
pikiran |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui strategi diferensiasi proses (berdiskusi dan
menyimak video), siswa mampu menjelaskan rotasi bumi dan dampaknya dengan tepat.
2.
Melalui diskusi, siswa dapat menemukan kata kunci
setiap paragraf dan keseluruhan teks dengan tepat.
3.
Melalui strategi diferensiasi produk (membuat video,
buklet, atau peta pikiran), siswa mampu menceritakan kembali peristiwa rotasi
bumi dan akibatnya dengan percaya diri.
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Tahap |
Kegiatan Pembelajaran |
Pendahuluan |
1.
Guru menyapa siswa di grup WA kelas. 2.
Guru mengirim link google meet melalui grup WA kelas
dan meminta siswa segera bergabung. 3.
Guru memulai kelas dengan mengucapkan salam, berdoa,
mengecek kehadiran dan menanyakan kesiapan belajar. 4.
Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan
dipelajari siswa. 5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. |
Inti |
1.
Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk
menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang akan dibahas pada tema. ·
Apa yang dapat kamu lakukan dan lihat ketika siang
hari? ·
Apa yang dapat kamu lakukan dan lihat ketika malam
hari? ·
Apa yang menyebabkan siang dan malam? 2.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bergantian menjawab dan mendengarkan pendapat mereka. Guru kemudian
memberikan pertanyaan lain. Mengapa ada siang dan ada malam? ·
Apakah Matahari itu bergerak sehingga ia terbit dan
tenggelam? ·
Bumi atau Mataharikah yang sesungguhnya bergerak? ·
Bagaimana jika tidak terjadi siang dan malam? Apa
yang akan terjadi? ·
Apakah tiap tempat memiliki waktu siang dan malam
yang sama atau berbeda? Mengapa? 3.
Guru memutarkan video tentang rotasi bumi https://www.youtube.com/watch?v=bsr8921INZ4 4.
Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang
berhubungan dengan video yang diputar. ·
Apa yang dimaksud dengan rotasi? ·
Apa yang menyebabkan rotasi? ·
Apa pengaruh rotasi pada Bumi? 5.
Siswa secara bergantian memberikan pendapatnya
mengenai hal tersebut. 6.
Guru menampilkan teks bacaan tentang terjadinya
siang dan malam dari Buku Siswa. 7.
Siswa diminta membaca bergantian masing-masing satu
paragraf. 8.
Setiap satu paragraf selesai dibaca, siswa diminta
untuk menuliskan kata kunci yang mereka temukan. 9.
Guru mengajak siswa mendiskusikan kata kunci setiap
paragraf dan keseluruhan teks. 10. Guru
memberikan tugas untuk mendemonstrasikan pengetahuan yang telah diperoleh
dengan beberapa pilihan: ·
Membuat video singkat yang menjelaskan tentang
rotasi bumi dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi. ·
Membuat buklet yang berisi penjelasan tentang rotasi
bumi dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi. ·
Membuat peta pikiran tentang rotasi bumi dan
dampaknya terhadap kehidupan di bumi. 11. Guru
menutup pembelajaran via Google Meet dan menyampaikan bahwa tugas tersebut
dikumpulkan sore hari melalui grup WA kelas. 12. Siswa
yang membuat video dapat langsung dikirim, tugas buklet dan peta pikiran
difoto dan dikirim di grup WA kelas. 13. Siswa
nomor urut 1 memberikan masukan kepada pekerjaan siswa nomor urut 2, dan
seterusnya. Siswa nomor urut 20 memberikan masukan pada siswa nomor urut 1. |
Penutup |
1.
Guru memberikan umpan balik terhadap pekerjaan siswa
secara klasikal 2.
Guru memberikan penilaian dan masukan secara pribadi
melalui WA. 3.
Guru mengirim link Google Form berisi soal-soal
tentang rotasi bumi dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi. 4.
Siswa mengerjakan soal evaluasi. 5.
Guru menutup pembelajaran dan berpesan agar siswa
selalu menjaga kesehatan. |
C. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.
Fokus penilaian pada sikap percaya diri dan kerja sama.
Format Jurnal Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Peserta Didik |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan (Melalui Google Form)
Soal
Pilihlah
jawaban yang paling tepat!
1.
Perputaran bumi pada
porosnya disebut ....
A.
revolusi
B.
presesi
C.
rotasi
D.
presisi
2.
Waktu yang diperlukan
bumi untuk satu kali rotasi adalah ....
A.
1 jam
B.
24 jam
C.
72 jam
D.
1 minggu
3.
Perhatikan pernyataan
berikut!
(1)
Gerak semu harian
matahari
(2)
Terjadinya siang dan
malam
(3)
Adanya perubahan
musim di bumi
(4)
Perbedaan zona waktu
di bumi
(5)
Perubahan lamanya
waktu siang dan waktu malam
Akibat yang ditunjukkan oleh rotasi bumi terdapat pada
nomor....
A.
(1), (2), dan (4)
B.
(2), (3), dan (4)
C.
(1), (3), dan (4)
D.
(2), (3), dan (5)
4.
Arah rotasi bumi
yaitu ....
A.
dari utara ke selatan
B.
dari selatan ke utara
C.
dari timur ke barat
D.
dari barat ke timur
5.
Berikut ini merupakan
pernyataan yang benar tentang rotasi bumi, kecuali
....
A.
Rotasi bumi
mempengaruhi pembelokan arah angin.
B.
Jika dilihat dari
utara, arah rotasi bumi melawan arah jarum jam.
C.
Rotasi bumi adalah
perputaran bumi mengelilingi matahari.
D.
Rotasi bumi membuat
matahari seolah-olah bergerak dari timur ke barat.
6.
Akibat dari rotasi
bumi yang sedikit miring 23,5° adalah ....
A.
perbedaan lamanya
siang dan malam
B.
perbedaan zona waktu
C.
terjadinya siang dan
malam
D.
perbedaan geografis
7.
Akibat rotasi bumi,
bumi dibagi menjadi ... daerah waktu.
A.
3
B.
17
C.
24
D.
32
8.
Ketika bumi berotasi,
bagian bumi yang tidak terkena cahaya matahari mengalami ....
A.
siang hari
B.
malam hari
C.
musim dingin
D.
musim gugur
9.
Yang merupakan
manfaat dari rotasi bumi yaitu ....
A.
Bisa merasakan pergantian
musim setiap tahun.
B.
Mempunyai sistem
penanggalan Masehi.
C.
Bisa melihat berbagai
jenis bentuk rasi bintang.
D.
Dapat menentukan
waktu dengan bayangan diri.
10. Rotasi bumi mengakibatkan adanya perbedaan percepatan
gravitasi. Pernyataan yang tepat tentang hal tersebut adalah ....
A.
Percepatan gravitasi
antara daerah satu dengan yang lain berbeda-beda.
B.
Percepatan gravitasi
juga terjadi karena bentuk bumi bulat sempurna.
C.
Percepatan gravitasi
khatulistiwa lebih besar dibandingkan di daerah kutub.
D.
Percepatan gravitasi
di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.
Kunci
Jawaban
1.
C
2.
B
3.
A
4.
D
5.
C
6.
A
7.
C
8.
B
9.
D
10. D
Pedoman
Penilaian
Skor tiap nomor yang benar = 1
Nilai = skor perolehan/skor maksimal x 100
3. Penilaian
Keterampilan
Rubrik Penilaian Video
Aspek yang Dinilai |
Deskriptor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Penguasaan Materi |
Belum menguasai materi. |
Menguasai satu dari tiga materi: (1) definisi rotasi, (2) dampak
rotasi bumi, dan (3) manfaat rotasi bumi. |
Menguasai dua dari tiga materi: (1) definisi rotasi, (2) dampak rotasi
bumi, dan (3) manfaat rotasi bumi. |
Menguasai tiga materi: (1) definisi rotasi, (2) dampak rotasi bumi, dan
(3) manfaat rotasi bumi. |
Penyampaian Materi |
Materi disampaikan namun belum memenuhi aspek-aspek yang diharapkan. |
Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan
santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi
dengan lancar. |
Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan
santun, (2) menyampaikan materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi
dengan lancar. |
Memenuhi tiga aspek: (1) menggunakan bahasa yang baik dan santun, (2) menyampaikan
materi secara runtut, dan (3) menyampaikan materi dengan lancar. |
Kepercayaan Diri |
Tidak percaya diri |
Cukup percaya diri |
Percaya diri |
Sangat percaya diri |
Rubrik Penilaian Buklet
Aspek yang Dinilai |
Deskriptor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Isi/Teks |
Isi teks belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan. |
Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) isi teks singkat, (2) padat akan
informasi, dan (3) jelas keterbacannya. |
Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) isi teks singkat, (2) padat akan
informasi, dan (3) jelas keterbacannya. |
Memenuhi tiga aspek: (1) isi teks singkat, (2) padat akan informasi, dan
(3) jelas keterbacannya. |
Desain |
Desain belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan. |
Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen
penyusun proporsional, dan (3) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat
perhatian. |
Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen
penyusun proporsional, dan (3) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat
perhatian. |
Memenuhi tiga aspek: (1) warna menarik, (2) ukuran elemen penyusun
proporsional, dan (3) pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian. |
Gambar |
Gambar belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan. |
Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) gambar menarik, (2) bermakna
sebagai penyampai pesan, dan (3) orisinil. |
Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) gambar menarik, (2) bermakna sebagai
penyampai pesan, dan (3) orisinil. |
Memenuhi tiga aspek: (1) gambar menarik, (2) bermakna sebagai
penyampai pesan, dan (3) orisinil. |
Tujuan Penyampaian Pesan |
Pesan tidak dapat ditangkap pembaca. |
Pesan sulit ditangkap pembaca. |
Pesan mudah ditangkap pembaca. |
Pesan sangat mudah ditangkap pembaca. |
Rubrik Penilaian Peta Pikiran
Aspek yang Dinilai |
Deskriptor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Isi/ Materi |
Isi dan pengetahuan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang
diharapkan. |
Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2)
memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan
yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca. |
Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2)
memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan
yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca. |
Memenuhi tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan
pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang
diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca. |
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar |
Penggunaan bahasa belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang
diharapkan. |
Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan
kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien. |
Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2)
menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan
efisien. |
Memenuhi tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan
kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien. |
Keterampilan Penulisan |
Keterampilan penulisan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang
diharapkan. |
Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis,
(2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik. |
Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis,
(2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik. |
Memenuhi tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur
logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik. |
Pedoman Penilaian
Nilai = skor perolehan/skor maksimal x 100
Mengetahui Kepala SD Negeri
Pringanom 3
Linda Nurmasari,
M.Pd. NIP 19891104 201101
2 005 |
Pringanom, 2 Maret
2022
Guru Kelas
Linda Nurmasari,
M.Pd. NIP 19891104 201101
2 005 |
Komentar
Posting Komentar