RPP Pembelajaran Sosial Emosional Berdiferensiasi

2.2.a.10. Aksi Nyata - Pembelajaran Sosial dan Emosional



 


KSE yang Dikembangkan

Cara Penerapan

Yang dilakukan Guru

Yang dikatakan Guru

Kesadaran diri

Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain, dan lingkungan.

1.     Guru membimbing siswa melakukan refleksi tentang pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari serta sikap yang telah dikembangkan.

2.     Guru meminta siswa merenungkan apa yang dapat mereka berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah dikembangkan tersebut.

1.      Pengetahuan apa yang kamu pelajari hari ini?

2.      Keterampilan apa yang kamu latih hari ini?

3.      Sikap apa yang kamu kembangkan hari ini?

4.      Apa yang dapat kamu berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapmu?

 

Hal penting yang disampaikan kepada siswa:

Apa yang kita pelajari hanya akan bermanfaat jika kita menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari atau membagikan pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki kepada orang lain.

 

Kesadaran sosial

Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid.

1.     Guru mengajak siswa menyaksikan video tentang “Menghargai Pekerjaan Orang Lain”

2.     Guru meminta siswa menuliskan tokoh-tokoh dan karakternya.

3.     Guru mengajak siswa berdiskusi tentang video tersebut.

1.      Bagaimana perasaanmu setelah menyaksikan video tadi?

2.      Siapa tokoh yang berkarakter baik? Mengapa?

3.      Siapa tokoh yang menunjukkan sikap kurang baik? Mengapa?

4.      Tokoh mana yang mendapatkan perlakuan kurang adil? Bagaimana kira-kira perasaan tokoh tersebut?

5.      Mengapa kita harus menghargai pekerjaan orang lain?

6.      Bagaimana cara kita menghargai pekerjaan orang lain?

 

Hal penting yang disampaikan kepada siswa:

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Setiap pekerjaan yang halal dan tidak merugikan orang lain adalah pekerjaan yang mulia. Kebutuhan kita dapat terpenuhi dengan mudah karena adanya beragam usaha atau pekerjaan dalam masyarakat.

 

Keterampilan berelasi

Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid.

1.     Guru mengelompokkan siswa dengan anggota 3-4 anak.

2.     Guru meminta setiap kelompok untuk membuat tabel pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar mereka.

1.    Bersama kelompokmu isilah tabel yang ada dalam buku teks.

2.  Jenis usaha apa yang paling sedikit?

3.  Jenis usaha apa yang paling banyak?

4. Apa kesimpulan kalian?

 

Hal penting yang disampaikan oleh guru:

Bekerja sama dengan teman akan membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan. Ketika bekerja kelompok, kalian belajar untuk berkomunikasi dengan baik, menghargai pendapat orang lain, dan menerima keputusan atau hasil diskusi bersama.

 

 

 

Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Siswa

No.

Gaya Belajar

Banyak Siswa

Diferensiasi Proses

1.

Visual

16

Menyimak video, membaca teks

2.

Auditory

5

Menyimak video, tanya jawab

3.

Kinestetik

-

-

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Unsur Diferensiasi dan Pembelajaran Sosial-Emosional)

 

Satuan Pendidikan   :  SD Negeri Pringanom 3

Tema                        :  8. Lingkungan Sahabat Kita

Sub Tema                 :  1. Manusia dan Lingkungan

Pembelajaran           :  4

Kelas/Semester        :  V/2

Materi Pokok           :  Jenis-jenis Usaha Masyarakat dan Keragaman Sosial di Lingkungan Sekitar

Alokasi Waktu         :  5 x 35  menit

 

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Melalui strategi diferensiasi proses (menonton video, membaca teks, tanya jawab), siswa mampu menjelaskan jenis-jenis usaha masyarakat dalam bentuk peta pikiran.

2.  Melalui kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi keragaman sosial di lingkungan sekitar dengan tepat.

3. Melalui kegiatan menonton video dan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan cara menghargai pekerjaan orang lain dengan percaya diri.

 

B.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Tahap

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

1. Guru memulai kelas dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran dan menanyakan kesiapan belajar.

2.   Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari siswa.

3.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti

1.  Siswa membaca teks “Jenis Usaha Masyarakat Indonesia” pada Buku Siswa.

2.    Siswa diajak bertanya jawab mengenai isi teks, misalnya sebagai berikut.

·       Apa jenis-jenis usaha dalam masyarakat?

Jawaban: Secara umum terdapat tiga jenis usaha, yaitu: perindustrian, perdagangan, dan jasa.

·       Apa ciri-ciri dari setiap jenis usaha tersebut?

Jawaban: Ciri-ciri usaha industri adalah memiliki modal besar, memiliki tenaga kerja andal, mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi, berusaha menghasilkan produk yang berkualitas, menyediakan layanan purnajual. Ciri-ciri usaha perdagangan: mempunyai tempat penyimpan barang yang dibeli dari produsen sebelum dijual lagi kepada pengguna (konsumen), mengemas barang dagangan dengan baik dan menarik bagi konsumen, menyediakan kemudahan layanan bagi konsumen dalam memperoleh dan membayar barang dagangan. Ciri-ciri usaha jasa: mengutamakan layanan yang baik kepada konsumen, membutuhkan keahlian khusus sesuai jasa yang ditawarkan, menjaga loyalitas (kesetiaan) pelanggan.

·       Apa keuntungan setiap pelaku jenis usaha tersebut?

Jawaban: Pelaku setiap jenis usaha akan memperoleh keuntungan

berupa penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, bahkan mungkin meningkatkan taraf hidup keluarganya.

3.  Untuk memperkuat pemahaman siswa, guru mengajak siswa melihat  video tentang jenis usaha masyarakat Indonesia. (https://youtu.be/gkk5fkwBCpI)

4. Siswa membuat peta pikiran tentang jenis-jenis usaha masyarakat Indonesia berdasarkan bacaan.

5.     Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kerja siswa.

6.    Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 3-4 anak.

7. Tiap kelompok menuliskan jenis usaha yang mungkin dilakukan keluarganya dalam bentuk tabel seperti pada buku teks.

8. Guru memandu diskusi kelas tentang banyaknya pekerjaan yang ditemukan oleh siswa.

·         Jenis usaha apa yang paling sedikit?

·         Jenis usaha apa yang paling banyak?

·         Apa kesimpulan kalian?

9.  Guru mengajak siswa menonton video tentang menghargai pekerjaan orang lain. (https://youtu.be/0YQ8QMlwB38)

10.  Siswa diminta menuliskan tokoh-tokoh dan karakternya.

11.  Guru mengajak siswa berdiskusi dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·    Bagaimana perasaanmu setelah menyaksikan video tadi?

·    Siapa tokoh yang berkarakter baik? Mengapa?

·    Siapa tokoh yang menunjukkan sikap kurang baik? Mengapa?

·    Tokoh mana yang mendapatkan perlakuan kurang adil? Bagaimana kira-kira perasaan tokoh tersebut?

·    Mengapa kita harus menghargai pekerjaan orang lain?

·    Bagaimana cara kita menghargai pekerjaan orang lain?

12. Guru mengingatkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Setiap pekerjaan memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan.

Penutup

1.      Guru mengajak siswa melakukan refleksi pembelajaran.

·    Pengetahuan apa yang kamu pelajari hari ini?

·    Keterampilan apa yang kamu latih hari ini?

·    Sikap apa yang kamu kembangkan hari ini?

·    Apa yang dapat kamu berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapmu?

2.      Siswa mengerjakan soal evaluasi.

3.      Guru menutup pembelajaran.

 

 

C.     PENILAIAN

  

      1.  Penilaian Sikap

         Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan. Fokus penilaian pada sikap percaya diri               dan kerja sama.
 

         Format Jurnal Penilaian Sikap

No.

Tanggal

Peserta Didik

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Penilaian Pengetahuan

Soal

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.  Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki usaha yang bergerak di bidang pertanian sehingga Indonesia disebut sebagai negara ....

A.       maritim

B.        agraris

C.        kepulauan

D.       berkembang

2.  Kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin disebut ....

A.       pertanian

B.       pertambangan

C.       perindustrian

D.       perdagangan

3.     Perhatikan beberapa contoh industri berikut!

(1)      Industri baja

(2)      Pabrik tekstil

(3)      Pengrajin mebel

(4)      Produksi mobil

(5)      Pembuatan tahu dan tempe

Contoh industri besar ditunjukkan oleh nomor ....

A.       (1), (2), dan (4)

B.        (2), (3), dan (4)

C.        (1), (3), dan (4)

D.       (2), (3), dan (5)

4.      Semua hal yang berhubungan dengan kegiatan jual beli disebut ....

A.       perindustrian

B.       perkebunan

C.       pertambangan

D.       perdagangan

5.     Pihak yang melakukan kegiatan menghantarkan produk berupa barang dan jasa dari produsen ke konsumen disebut ....

A.       pedagang

B.        pembeli

C.        distributor

D.       makelar

6.     Segala aktivitas atau layanan yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen) disebut ....

A.       barang

B.        jasa

C.        produk

D.       usaha

7.     Perhatikan beberapa contoh usaha berikut!

(1)      Pemandu wisata

(2)      Tukang kayu

(3)      Pengacara

(4)      Peternak

(5)      Dokter

Contoh usaha di bidang jasa yaitu ....

A.       (1), (2), dan (4)

B.        (1), (3), dan (5)

C.        (2), (3), dan (4)

D.       (2), (4), dan (5)

8.     Usaha dagang bertujuan untuk ....

A.       memperoleh keuntungan

B.        membuat produk

C.        memberikan pelayanan

D.       menyalurkan barang

9.     Setelah kegiatan jual beli selesai terjadi perpindahan ... dari penjual ke pembeli.

A.       lokasi barang

B.        uang

C.        hak milik

D.       hak sewa

10. Rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penggalian, pengolahan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian (mineral, batubara, panas bumi, migas) disebut ....

A.       perindustrian

B.        pertanian

C.        perdagangan

D.       pertambangan

 

 

Kunci Jawaban

1.      B

2.      C

3.      A

4.      D

5.      C

6.      B

7.      B

8.      A

9.      C

10.  D

 

Pedoman Penilaian

Skor tiap nomor yang benar = 1

 

 

3.      Penilaian Keterampilan

Rubrik Penilaian Peta Pikiran

Aspek yang Dinilai

Deskriptor

1

2

3

4

Isi/ Materi

Isi dan pengetahuan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

 

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

Memenuhi tiga aspek: (1) lengkap dan informatif, (2) memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi, dan (3) gambar dan keterangan yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Penggunaan bahasa belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

 

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

Memenuhi tiga aspek: (1) pemilihan kata tepat, (2) menggunakan kosakata baku, dan (3) kalimat yang digunakan efektif dan efisien.

Keterampilan Penulisan

Keterampilan penulisan belum memenuhi satu pun dari aspek-aspek yang diharapkan.

Memenuhi satu dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

Memenuhi dua dari tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

Memenuhi tiga aspek: (1) mind map ditulis dengan sistematis, (2) alur logikanya jelas, dan (3) penempatan teks tepat, rapi, dan menarik.

 

 

Pedoman Penilaian

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala SD Negeri Pringanom 3

 

 

Linda Nurmasari, M.Pd.

NIP 19891104 201101 2 005

Pringanom, 30 Maret 2022

 

Guru Kelas

 

 

Linda Nurmasari, M.Pd.

NIP 19891104 201101 2 005

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan