2.3.a.4.3. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep – Coaching

1.  Apa yang dilakukan coach dalam membantu coachee mengenali situasi  (permasalahan atau tantangan) yang dihadapi coachee?

Jawaban:

Dalam membantu coachee mengenali situasi, coach menunjukkan bahwa ia mendengarkan dengan perhatian penuh dan menanyakan tujuan yang ingin dicapai coachee melalui diskusi yang dilakukan. Coach menanyakan tentang apa yang dirasakan coachee dan apa penyebab coachee merasakan hal tersebut. Ketika coachee mulai menceritakan permasalahan yang dihadapi, coach membantu coachee memahami situasi dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka. Coach mengajukan pertanyaan tentang bagaimana proses yang dialami oleh coachee, apa saja kesulitan yang ia hadapi, dan apa yang sudah dilakukan oleh coachee untuk mengatasi permasalahan.

 

2. Bagaimana cara coach memberi respons terhadap situasi yang dihadapi coachee? (perhatikan secara cermat sikap dan perilaku coach)

Jawaban:

Coach memberi respons terhadap situasi yang dihadapi coachee dengan positif. Coach menunjukkan bahwa ia mendengarkan dengan perhatian penuh, misalnya ketika coache bercerita tentang permasalahannya, coach memparafrasekan kalimat yang diucapkan oleh coachee. Caoch memberikan pertanyaan lebih lanjut agar coachee memahami situasi yang dihadapi dengan lebih baik. Coach tidak memberikan saran atau nasihat, namun membantu coachee menemukan sendiri solusi yang dapat ia terapkan untuk mengatasi permasalahan.

 

3.  Apakah praktek coaching model TIRTA dapat dipraktekkan dalam situasi dan konteks lokal kelas dan sekolah Anda? apa tantangan utama Anda dalam melakukan praktek coaching model TIRTA?

Jawaban:

Praktik coaching model TIRTA dapat diterapkan dalam situasi dan konteks di kelas dan sekolah saya. Saya hanya mengajar di salah satu kelas selama 2 JP per minggu sehingga tantangan utama menerapkan praktik coaching di kelas adalah terbatasnya interaksi dengan anak-anak. Dalam menerapkan praktik coaching di sekolah, tantangan utamanya adalah banyak guru yang belum memahami tentang coaching, manfaat, dan cara penerapannya.

 

4. Siapakah yang dapat membantu Anda melatih praktek coaching model TIRTA di kelas dan sekolah Anda? Bagaimana Anda melibatkan mereka?

Jawaban:

Yang dapat membantu saya menerapkan praktik coaching model TIRTA adalah semua guru. Untuk melibatkan semua guru maka saya harus menyampaikan tentang model TIRTA dan cara penerapannya. Rekan-rekan guru harus memahami bahwa ketika murid mengalami masalah, melakukan coaching akan membantu mereka bertumbuh menjadi pribadi yang lebih solutif daripada memberikan nasihat secara langsung. Setelah itu, saya akan meminta rekan-rekan guru untuk menerapkan praktik coaching dalam membantu murid yang mengalami masalah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan