Berbagi Gagasan dan Wawasan Rumah Belajar

 

Peserta PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) yang berhasil masuk ke level 4 disebut sebagai Sahabat Rumah Belajar (SRB). Tugas utama dari SRB adalah mensosialisasikan Portal Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id) dan berbagi inovasi TIK untuk mewujudkan merdeka belajar. Kali ini para SRB Jawa Tengah berkolaborasi mengadakan webinar dengan tema Bergas Waras Rumbel (Berbagi Gagasan dan Wawasan Rumah Belajar). SRB yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Dian Wicaksono (SRB dari Kabupaten Tegal), Ibu Mutamimatul Ula (SRB dari Kabupaten Kendal), dan Ibu Linda Nurmasari (SRB dari Kabupaten Sragen).

Bergas Waras Rumbel berlangsung pada tanggal 13 Oktober 2020 pukul 19.00 sampai pukul 21.00 dan diikuti oleh 15 peserta dari berbagai kabupaten. Moderator dari kegiatan ini adalah Ibu Rosyidah (SRB dari Kabupaten Jepara). Selain itu acara ini juga didukung oleh Duta Rumah Belajar Jawa Tengah tahun 2017, Bapak Tukijo.

Acara dibuka oleh moderator dilanjutkan dengan sambutan dan motivasi dari Bapak Tukijo. Bapak Tukijo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan oleh para guru yang sudah lolos di level 4 yaitu level berbagi. Di Jawa Tengah ada 30 guru dari jenjang SD, SMP, dan SMA yang sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi Portal Rumah Belajar untuk mendukung pembelajaran jarak jauh dan berbagai aplikasi berbasis TIK lainnya. Peserta tidak akan rugi mengikuti kegiatan ini karena para narasumber sudah teruji sehingga bisa sampai di level 4 kegiatan PembaTIK.

Pak Dian mengawali pemaparan materi dengan menyampaikan tentang fitur-fitur Portal Rumah Belajar dan cara bergabung di Portal Rumah Belajar. Selanjutnya Pak Dian memfokuskan pembahasan pada fitur Sumber Belajar dan cara unggah konten di Sumber Belajar. Pemaparan kedua disampaikan oleh Ibu Mutamitatul. Ibu Mutamitatul menjelaskan tentang fitur Edugame dan bagaimana memanfaatkan fitur ini dalam pembelajaran. Pemaparan terakhir disampaikan oleh Ibu Linda. Materi yang disampaikan yaitu pemanfaatan fitur Wahana Jelajah Angkasa dalam pembelajaran sehari-hari.






Bapak Hanung Setiadi, peserta dari Kota Tegal berpendapat bahwa kegiatan ini sangat menginspirasi untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Hal senada disampaikan oleh peserta lain yang berkomentar bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat menginspirasi bagi para guru, dan sebaiknya kegiatan seperti ini dilanjutkan. (Ref)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan