Webinar Rumah Belajar bersama IGI Kabupaten Sragen

Duta Rumah Belajar dan Sahabat Rumah Belajar Jawa Tengah berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) mengadakan acara webinar dengan tema “Kreasi Konten Rumah Belajar dengan Articulate Storyline 3”. Acara ini berlangsung pada tanggal 16 Oktober 2020 pukul 19.00 sampai dengan pukul 21.00 melalui zoom meeting dan diikuti oleh 19 peserta.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Rohmawati, S.Ag. (Ketua IGI Kabupaten Sragen), Fakhrudin Sujarwo, S.Sos. (Duta Rumah Belajar Jawa Tengah tahun 2018), dan Linda Nurmasari, M.Pd. (Sahabat Rumah belajar Jawa Tengah tahun 2020). Acara dipandu Siti Kartika Sari (Pendidikan Biologi FKIP UNS) selaku moderator dan Kurnianto, S.Pd., M.Pd. (Sekretaris IGI Kabupaten Sragen) selaku host.

Acara dibuka oleh Ibu Rohmawati. Beliau memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan sosialisasi rumah belajar. Beliau juga menyampaikan program-program IGI dan pelatihan-pelatihan yang dapat diikuti oleh guru dalam meningkatkan kompetensi. Menurut beliau acara saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan seperti ini perlu lebih sering diadakan. Anggota IGI sebaiknya juga lebih aktif.



Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Fakhrudin Sujarwo. Beliau menyampaikan tentang fitur-fitur di Rumah Belajar, salah satunya adalah Sumber Belajar. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk memperoleh konten pembelajaran baik berupa video, audio, maupun konten web. Guru tidak hanya bisa menjadi pengguna namun juga bisa menjadi pembuat konten. Konten yang dibuat oleh guru dapat diunggah di Sumber Belajar. Konten akan diulas, jika memenuhi kriteria serta telah divalidasi konten tersebut dapat dipublikasikan di Sumber Belajar.

Ibu Linda Nurmasari melanjutkan pemaparan materi dan menyampaikan bahwa konten berupa web di sumber belajar adalah konten berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat MPI adalah Articulate Storyline 3 (AS 3). Beliau menunjukkan contoh karya MPI yang dibuat dengan AS 3 dan berhasil lolos di PembaTIK Level 4. Beliau kemudian menjelaskan dan mempraktikkan cara menggunakan software tersebut.




Peserta merasa tertarik dengan software ini. Beberapa pertanyaan muncul dari peserta misalnya apakah slide AS 3 bisa dipindah ke Power Point, apakah kelebihan AS 3 dibanding Power Point, dan sebagainya. Pertanyaan dijawab secara lengkap oleh narasumber. Peserta berharap pertemuan seperti ini tidak hanya sekali sehingga bisa mempraktikkan secara langsung dan menguasai cara penggunaan AS 3 sampai menghasilkan sebuah karya MPI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan