Motivasi Menjadi Duta Rumah Belajar 2020


Menurut saya tugas utama seorang guru bukanlah menyampaikan materi pelajaran kepada anak didik, karena materi bisa diperoleh dari berbagai sumber. Tugas utama seorang guru adalah membuat anak tertarik dan senang untuk belajar. Materi pelajaran bisa dengan mudah dilupakan dan bisa berubah seiring perkembangan zaman. Namun, anak yang suka belajar akan selalu bisa mengikuti perkembangan zaman. Saya setuju dengan pernyataan Bapak Mario Teguh bahwa orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Sedangkan orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Pembelajaran di masa pandemi membuat saya menyadari bahwa masih banyak yang memiliki persepsi bahwa sekolah haruslah di ruang kelas. Arti sekolah dan belajar menjadi sedemikian sempit, seolah-olah belajar sangat dibatasi oleh ruang dan waktu. Orang tua dan guru mengeluh bahwa masa depan anak-anak terancam ketika mereka tidak dapat belajar di ruang kelas dan bertemu langsung dengan guru. Namun, saya sangat menyayangkan hal ini. Saya adalah orang yang benar-benar percaya pada slogan Rumah Belajar bahwa belajar bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

Suatu saat, ada orang tua yang mengeluh kepada saya bahwa ketika mengerjakan tugas di rumah, anak membuka internet. Banyak orang tua yang takut anak tidak akan bisa menghafal materi pelajaran. Saya ingin mengubah pandangan ini. Anak yang membuka internet dan mampu menemukan jawaban adalah anak yang kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa anak tersebut mempunyai kemampuan literasi TIK. Kemampuan literasi sangat penting dimiliki di abad ke-21, di samping kualitas karakter dan kompetensi abad ke-21 (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan inovasi).

Zaman terus berubah, kita pun harus siap untuk berubah, termasuk cara kita belajar dan mengajar. Sekarang bukan saatnya kita mengeluh, namun saatnya kita untuk belajar, meningkatkan kompetensi, menemukan solusi, dan menjadi seorang inovator. Bukan tidak mungkin, di masa depan, setiap anak bisa memilih untuk mempelajari apa yang sesuai dengan minat dan bakatnya serta memilih tempat atau guru di mana ia ingin belajar.

Duta Rumah Belajar mengemban amanah untuk memotivasi dan menginspirasi para guru dan siswa untuk terus belajar. Rumah Belajar menjadi salah satu portal yang memainkan peran penting dalam masa depan pendidikan negara ini. Namun, portal ini hanya akan berkembang jika para guru mau berkontribusi, mau berbagi, dan mau memanfaatkan seluas-luasnya dalam pembelajaran.

Motivasi utama saya ingin menjadi Duta Rumah Belajar adalah ingin berkontribusi bagi dunia pendidikan, terutama untuk mengubah paradigma yang salah bahwa belajar dibatasi oleh ruang dan waktu. Saya siap menjadi guru penggerak yang menggerakkan komunitas. Saya percaya bahwa Portal Rumah Belajar akan terus berkembang dan benar-benar menjadi “rumah” yang nyaman dan lengkap untuk pembelajaran.

Saya juga ingin menginspirasi bahwa orang yang tidak berhenti belajar bisa memiliki masa depan yang lebih baik. Saya berasal dari keluarga sederhana, ditinggal kedua orang tua pergi merantau sejak kecil. Karena keterbatasan ekonomi, ayah saya hanya bisa tamat SD dan ibu tamat SMP. Namun dengan semangat yang tinggi, saya bisa kuliah sampai jenjang Doktoral. Saya berharap agar semua anak bagaimanapun kondisinya tidak takut bermimpi dan tidak menyerah untuk mencapai cita-citanya. Belajar adalah cara keluar dari gelap menuju terang. Terima kasih.

Komentar

  1. pokoknya tulisannya bu Linda itu bikin aku terpesona :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Bu Retno motivasinya😊🙏 msh bljar ini

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan