Sosialisasi Portal Rumah Belajar di Kabupaten Sragen

Portal Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id) adalah portal pembelajaran yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Portal ini memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap dan dapat diakses secara gratis oleh siapa saja. Namun, sayangnya belum semua guru dan siswa mengenal dengan baik fitur-fitur apa saja yang tersedia di Rumah Belajar dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Pada tanggal 14 Oktober 2020, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen memerintahkan kepada pengawas, kepala sekolah, dan guru jenjang PAUD/TK, SD, SMP di Wilayah Kabupaten Sragen untuk mengikuti Webinar Pemanfaatan Rumah Belajar pada Masa Belajar dari Rumah. Narasumber dari kegiatan webinar ini adalah Drs. Suwardi, M.M. (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen), Fakhrudin Sujarwo, S.Sos. (Duta Rumah Belajar Jawa Tengah tahun 2018), dan Linda Nurmasari, M.Pd. (Sahabat Rumah Belajar Jawa tengah tahun 2020). Acara dipandu oleh Nur Cholis, M.Pd. dari SD Negeri Gabugan 1 selaku moderator dan Hary Fangyu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen selaku host.



Kegiatan webinar dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2020 pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00. Sebanyak 130 peserta tercatat mengikuti kegiatan ini. Ruang zoom sangat terbatas sehingga tidak semua peserta bisa masuk. Peserta yang tidak bisa masuk zoom mengikuti webinar melalui kanal youtube. Hingga saat artikel ini ditulis, video streaming kegiatan webinar tercatat telah disaksikan 1.470 kali. Namun, karena adanya kendala teknis, video ini tidak dapat menampilkan seluruh rangkaian kegiatan webinar.



Acara webinar diawali dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Suwardi, M.M. dilanjutkan dengan pemaparan materi yang pertama. Beliau menyampaikan bahwa kondisi pandemi belum memungkinkan pembelajaran tatap muka sehingga perlu peningkatan kompetensi dari para pendidik untuk pembelajaran jarak jauh. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat Portal Rumah Belajar yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh. Beliau juga meminta para guru agar dapat mengikuti kegiatan webinar ini dengan baik sehingga bisa memanfaatkan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran sehari-hari. Selain itu, beliau berpesan agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan sehingga bisa memutus penyebaran virus covid 19.



Pemaparan kedua dengan tema “Pemanfaatan Rumah Belajar sebagai Sumber Referensi Belajar dari Rumah” disampaikan oleh Bapak Fakhrudin Sujarwo. Beliau menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Edaran Mendikbud pada bulan Maret 2020 terdapat beberapa platform yang direkomendasikan untuk pembelajaran daring, salah satunya adalah Rumah Belajar. Pemerintah memberikan bantuan kuota internet gratis yang dapat digunakan untuk mengakses Rumah Belajar. Beliau juga menjelaskan fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar.



Pemaparan ketiga disampaikan oleh Ibu Linda Nurmasari, Sahabat Rumah Belajar Jawa Tengah tahun 2020. Beliau mempraktikkan langsung cara mengakses Rumah Belajar. Beliau juga menjelaskan tentang cara memanfaatkan fitur utama dan fitur pendukung Rumah Belajar dalam pembelajaran sehari-hari. Beliau mengatakan bahwa fitur-fitur di Rumah Belajar sudah sangat lengkap, namun kreativitas guru diperlukan agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal.





Peserta sangat antusias dan sangat senang dengan kegiatan ini. Peserta juga berharap agar kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan sehingga dapat menambah wawasan dan menginspirasi para guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi. (Ref)


Komentar

  1. "Ganbareba dekiru" bila kita berjuang pasti kita bisa, senantiasa semangat Bu Linda sukses selalu. Terus berkarya dan menjadi inspirasi bagi saya dan rekan-rekan guru semuanya khususnya di Kabupaten Sragen. ๐Ÿ’ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Pak Cholis, trma kasih supportnya. Smg sukses dan sehat selalu Pak Cholis๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan