Sosialisasi Rumah Belajar di SD Negeri Masaran 1

 

Sebagai seorang Sahabat Rumah Belajar, tugas saya adalah berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK untuk mewujudkan merdeka belajar. Rumah Belajar yang beralamat di belajar.kemdikbud.go.id menjadi Portal yang sangat mendukung inovasi pembelajaran berbasis TIK.

Senin, 12 Oktober 2020 adalah pertama kalinya saya melakukan sosialisasi Rumah Belajar. Sosialisasi pertama tentunya dimulai dari sekolah saya sendiri. Bapak Haryanto, S.Pd.,M.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Negeri Masaran 1 sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini. Bahkan beliau bersedia menjadi salah satu narasumber untuk memotivasi guru-guru di SD Negeri Masaran 1 agar memanfaatkan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran di kelas masing-masing.

Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar ini dimulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 dan diikuti oleh semua guru di SD Negeri Masaran 1 (16 peserta). Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dipimpin langsung oleh Bapak Haryanto, dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang Portal Rumah Belajar dan motivasi bagi guru untuk memanfaatkan Portal Rumah Belajar yang disampaikan oleh Bapak Haryanto.

Pada sesi kedua saya menjelaskan tentang bagaimana cara login ke Rumah Belajar, fitur-fitur Rumah Belajar, dan cara memanfaatkan fitur-fitur tersebut dalam pembelajaran sehari-hari. Saya juga menyampaikan bahwa aplikasi Rumah Belajar sudah tersedia di Playstore dan dapat diunduh secara gratis. Para guru sangat antusias dan saat itu juga mengunduh aplikasi Rumah Belajar di HP masing-masing.






Menurut Ibu Yukuswanti, S.Pd. wali kelas 4 A SD Negeri Masaran 1, kegiatan semacam ini sangat bermanfaat. Beliau mengaku senang karena mendapat wawasan baru tentang Portal Rumah Belajar yang ternyata sangat mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap. Beliau berharap agar kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Evaluasi Tema 1 Kelas 6 SD

MAKALAH HUBUNGAN ANTAR KETERAMPILAN BERBAHASA (MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA, DAN MENULIS)

Contoh Analisis Jurnal Internasional Kepemimpinan

KISI-KISI, SOAL, DAN KUNCI JAWABAN PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) KELAS 6 KURIKULUM 2013 MUPEL PPKn, IPS, DAN SBdP

RPP KTSP Kelas 5 SD Materi Laporan Pengamatan